PELAKSANAAN INTERVENSI DINI BERBASIS KELUARGA BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Di era saat ini, pembelajaran tidak hanya dilakukan secara luring namun juga secara daring dari tempat tinggal masing-masing sehingga membuat proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan bersama-sama oleh guru di sekolah menjadi dilakukan oleh keluarga di rumah. Keluarga memegang kendali yang besar dalam penentuan ketercapaian program intervensi. Pada dasarnya keluarga harus memegang peran aktif dalam proses keberlanjutan program intervensi anak, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan intervensi berbasis keluarga bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengambil subjek penelitian 10 orang tua siswa yang memiliki anak berkebutuhan khusus di kota Serang dan 10 orangtua siswa berkebutuhan khusus di Labuan Pandeglang Banten. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket (kuesioner). Analisis hasil menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian pelaksanaan intervensi bagi anak berkebutuhan khusus berbasis keluarga kurang efektif dilaksanakan.Dalam pelaksanaannya orang tua belum paham betul dengan intervensi yang diberikan untuk anak berkebutuhan khusus di rumah. Orang tua belum memahami bagaimana cara merancang dan melaksanakan program intervensi. Selain itu aktivitas di rumah terbatas dengan fasilitas dan kondisi lingkungan belajar yang kurang mendukung. Pendampingan dari sekolah juga tidak begitu signifikan diberikan pada orang tua, sehingga berdampak pada pekembangan kemampuan anak berkebutuhan khusus.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Cresswell, J.W. (2010). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approach (Third Edition). Penerjemah Achmad Farwaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darani, Gunarhadi, Legowo. (2018). Assistive Technology in mathematics Learning for Visually Impaired Student. Jurnal Keguruan dan Ilmu Trabiyah Universitas Sebelas Maret Surakarta: Tidak diterbitkan.
Hosni, I. (1997). Buku Ajar Orientasi Dan Mobilitas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kustawana, Meimulyani. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus serta Implementasi. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
Moleong, (1993). Metode Kualitatif, Bandung: PT. Rosda Karya.
Lincoln, Y.S dan Guba, e.G. (1985). Naturalistik Inquiry. London: Sage Publication.
Munawar, Suwandi. (2013). Mengenal dan Memahami Orientasi dan Mobilitas. Jakarta: PT Luxima Metro Media
NN. (2015). Peran Teknologi Asisitif terhadap PEningkatan Partisipasi Perkuliahan Mahasiswa Tunanetra. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Luar Biasa FIP IKIP PGRI Jember: Tidak diterbitkan
Somantri. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa; Karakteristik dan Masalah Perkembangan Anak Tunanetra. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
----------. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa; Karakteristik dan Masalah Perkembangan Anak Tunanetra. Bandung: Refika Aditama
Sugiarmin,M. (2007) .Pengembangan Teknologi Asistif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusif. Artikel pada Pendidikan Luar Biasa FIP UPI: Tidak diterbitkan
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.17632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]