Model Pendidikan Karakter di RA Baiturrahman

Manzilatul Fathy, Taopik Rahman, Purwati Purwati, Qonita Qonita

Abstract


Penanaman pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini untuk mewujudkan warga negara yang baik dengan menggunakan beberapa model serta metode dalam proses pengimplementasian pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model dan metode Pendidikan Karakter apa saja yang diterapkan di RA Baiturrahman, dengan menggunakan metode kualitatif serta teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang berkaitan dengan Model Pendidikan Karakter di RA Baiturrahman. Hasil penelitian diperoleh data bahwa implementasi Model Pendidikan Karakter di RA Baiturrahman yaitu memuat beberapa model yaitu pembiasaan dan keteladanan, CTL (Contextual Teaching and Learning), bermain peran dan pembelajaran partisipasif serta berbagai metode, metode sentra, metode Ummi, metode bercerita, metode bernyanyi, dan metode karyawisata dalam proses pendidikan karakter. Pendidikan karakter dalam pembelajaran sentra dan dengan model pembiasaan dan keteladanan berjalan efektif dan keberhasilan dalam proses pembelajaran 80% dilihat dari perkembangan anak. Hal ini bisa dilihat dari aktivitas atau perilaku yang muncul dari anak pada setiap pembelajaran berlangsung.  

Keywords


Model, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Bangsawan, I., Sari, S. L., & Devianti, R. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan, 03(02), 67–78.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and development, 10(2), 315–318.

Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati. (2021). Tinjauan Analisis Krisis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(4), 1766–1777. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1014%0Ahttp://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347

Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. (J-SANAK: Jurnal Kajian Anak), 2(02), 2013–2015.

Iftayani, I., & Hapsari, W. (2016). Model Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Program Islamic Habituation. Jurnal Indigenous, I(02), 0–116. http://dspace.unitru.edu.pe/bitstream/handle/UNITRU/10947y

Kawasati, R. (1990). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Problemas del Desarrollo. Revista Latinoamericana de Economía, 21(58), 99–104. https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.

Kurniawaty, I., Purwati, & Faiz, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education and development, 10(3), 496–498.

Kusrahmadi, S. D. (2018). Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik. Humanika, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/hum.v8i1.21003

Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67

Makhmudah, S. (2020). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 68–79. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189

Nur Rohmah, S. F. (2021). Komparasi Kemampuan Membaca Al-Quran Anak Usia Dini Antara Metode Umii dengan Metode Annadhiliyah di TK Sukorejo Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Respati, R., Nur, L., & Rahman, T. (2018). Gerak Dan Lagu Sebagai Model Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 321–330. https://doi.org/10.21009/jpud.122.13

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i1.17653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id