PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI DI DAYCARE BOCAH EMAS

Kristiana Maryani, Ratih Kusumawardani

Abstract


Matematika perlu dikenalkan sejak dini karena anak usia dini berada pada tahap golden age yang mudah dan cepat menyerap informasi baru. Matematika sangat membantu anak dalam berinteraksi dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pelaksanaan pengenalan matematika pada anak yang berada di Daycare Bocah Emas, FKIP Untirta. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan analisis data berupa redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menyatakan bahwa Daycare Bocah emas telah mengenalkan matematika dengan menggunakan alat dan bahan yang dimiliki berupa alat permainan Montessori, kartu-kartu angka, penggunaan bahan-bahan loosepart serta menggunakan lingkungan sekitar kampus. Matematika yang distimulasi berupa keterampilan dan konsep matematika yaitu mencocokkan, mengelompokkan, urutan dan pola, konsep bilangan, konsep geometri, dan konsep ukuran. Dalam hal pengenalan konsep data dalam grafik belum pernah dilakukan. Simpulan dari penelitian ini adalah Daycare Bocah Emas telah mengenalkan matematika pada anak usia dini melalui berbagai macam kegiatan dengan menggunakan berbagai sumber yang ada di kampus seperti lingkungan kampus, alat dan bahan yang tersedia baik alat Montessori maupun bahan-bahan loosepart.


Keywords


Matematika, Anak Usia Dini, Bocah Emas

Full Text:

PDF

References


Carol Seefeldt, B. A. W. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia tiga, empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Indeks.

Jackman, H. L. (2012). Early Education Curruculum A Child’s Connection To The World (Fifth Edit). Wadsworth.

Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar, Perspektif, Asesmen dan penanggulangannya. Yayasan Penamas Murni.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (n.d.). Panduan Pemilihan, Pembuatan dan Pemanfaatan APE Secara Mandiri. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurniyah. (2020). Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sumber B Elajar Pada Anak Usia Dini Di Paud Cerdas Sukorejo-Kendal.

Kuswanti, et all. (2014). Analisis Soal Dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Berdasarkan Dimensi Kognitif Trends International Mathematics And Science Study ( TIMSS ). Arikel Ilmiah, 3, 1–5.

Moleong, L. . (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Rosdakarya.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (ke lima). PT Indeks.

NORCH. (2014). Intructional Strategies to Improve Children’s Early Math Skills.

Nurbiana Dhieni, dkk. (2009). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Putri, D. (2012). Pembentukan Konsep Diri Anak Usia Dini di One Earth School Bali. Journal Communication Spectrum, 2(1).

Sri Widayati, U. W. (2008). Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak. Luna Publisher.

Warmansyah, J. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10, 99–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.18465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id