KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH STUDI KASUS PADA ANAK YANG MEMILIKI ORANGTUA DISABILITAS (TUNADAKSA)

Rohmatul Maulidiyah, Siti Fadjryana Fitroh, Dwi Nurhayati Adhani

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan diri anak yang memiliki orangtua disabilitas di sekolah, serta peran guru dalam meningkatkan kepercayaan diri anak. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sebagai subjek penelitian yakni dua orang anak di TKM NU 126 Ujungpangkah Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kurangnya kepercayaan diri anak di sekolah dalam keberanian untuk bertindak, dimana anak selalu menghindari kegiatan yang berhubungan dengan oranglain. Sementara 2) Peran guru dalam mengembangkan kepercayaan diri anak disekolah dilakukan dengan pemberian bimbingan untuk anak yang sedang dalam kesulitan, pemberian motivasi agar anak dapat melewati kesulitan yang dihadapi, dan menjadi inspirasi agar anak bertidak penuh percaya diri dalam bersikap disekolah. Hambatan dalam proses meningkatkan kepercayaan diri pada anak yaitu keterbatasan peralatan, dan waktu. Hasil penelitian didapati peran guru disekolah dapat membatu anak dalam mengatasi kepercayaan dirinya dilingkungan sekolah.

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i2.19317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id