IMPLEMENTASI NILAI TOLERANSI ANTAR BUDAYA DAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK CANGKURILEUNG/KARTIKA IX-10

Yani Nuraeni, rima yuniarti

Abstract


Nilai toleransi harus ditanamkan sejak dini, untuk mendukung pembentukan kepribadian baik yang melekat pada diri anak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara guru, dan observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung di TK Cangkurileung/ kartika IX-10 pada tanggal 10 maret 2023. Tujuan penelitian ini untuk mendeskrifsikan kegiatan pembelajaran dalam  implementasi toleransi agama, untuk mendeskrifsikan peran guru dalam implementasi toleransi beragama, untuk mendeskrifsikan peran lingkungan dalam implementasi toleransi antar budaya.  Adapun hasil penelitian di TK Kartika IX/10 adalah lingkungan sosial antar teman sebaya sangat mendukung dalam pengimplementasian toleransi antar agam, karena terdapat nonis dengan satu sekolah yang sama; peran guru yaitu menunjukan cara berperilaku menghormati agama lain,  dengan pengenalan terlebih dahulu tentang agama minoritas; lingkungan sangat mendukung dalam meningkatkan toleransi antar budaya, karena lokasi lembaga pendidikan yang berada dekat dengan brigif raider 13/ galuh kostrad, banyak TNI dari berbagai macam suku dan budaya sering berinteraksi dengan anak anak.


Keywords


anak usia dini,toleransi,antar-budaya, antar-agama

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, Y. (2022). penerapan pendidikan saling menghargai (toleransi) sejak dini.

Ahsanah, A. (2018). Implementasi Nilai Krakter Melalui Metode Bernyanyi Untuk Anak Usia Dini di TK Dharma Sudjana Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah.

Al-Ahmad, A. (2022). “Penerapan Budaya dan Hari Besar Nasional Di Indonesia Dengan Melalui Berbagai Media Untuk Anak Usia Dini.” 1–12. https://doi.org/https://thesiscommons.org/qxv7y/download?format=pdf

Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. KIDSPEDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10.

Faiqoh, N. (2015). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Kejujuran, Toleransi, Dan Cinta Damai Pada Anak Usia Dini Di Kiddy Care, Kota Tegal. BELIA: Early Childhood Education Papers, 4(2), 78–85.

Juimiatmoko. (2018). implementasi toleransi beragama pada pendidikan anak usia dini (studi kualitatif di TK Negri pembina karangmalang,sragen 2018). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 45–59.

Latifah, A. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Sikap Toleransi pada Anak Usia Sekolah di Indonesia: Negeri Multikultural. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 969–973. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2348

Nuraeni. (2016). pendidikan karakter pada anak usia dini. Jurnal Paedogy, 3, 65–73. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v3i2.3039

Nuraeni, Y. (2022). penerapan nilai pancasila melalui pembiasaan sholat berjama’ah pada anak usia dini. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Paud, 9, 97–106.

Nurhayati. (2012). Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, 1(2), 39–48.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729–3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733

Rachman, S. A., & Mujtahidin, S. (2023). analisis permainan bakiak kerjasama anak usia 5-6 tahun terhadap. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(1), 296–300.

Sumitra, A. (2018). IPS untuk Anak Usia Dini. Ilmu Pendidikan Program Studi Pgpaud Ikip Siliwangi, 1–19.

Tirza, J., Cendana, W., & Araini, kartika tia. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini tentang Toleransi Beragama sebagai. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 101–108. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6915

Wiguna, ida bagus alit arta. (2020). pola asuh dalam pertumbuhkembangan karakter toleransi anak usia dini dilingkungan minoritas. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 119–129. https://doi.org/https://prosiding.sthd-jateng.ac.id/index.php/psthd/article/view/36

Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293

Zain, A. (2020). strategi penanaman toleransi beragama anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 97–111. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i1.19720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id