EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK TIME OUT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK KELOMPOK A DI TKMNU SUNAN GIRI KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER

Ayu Syifaur Rohma, Luh Putu Indah Budyawati, Aisyah Nur Atika

Abstract


Disiplin adalah sikap yang membuktikan kepatuhan pada aturan yang elah ditentukan oleh guru, orang tua atau pemimpin. Watak disiplin akan muncul jika mendidik anak melalui ketertiban hidup sehari-hari. Time out adalah cara untuk menghapus perilaku negatif anak dengan cara memberikan kesempatan untuk menenangkan dirinya ataupun memikirkan ulang kesalahan yang telah dibuat. Anak akan diberikan waktu sekitar 1-3 menit untuk merenungkan kesalahan yang telah anak perbuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah time out efektiv untuk meningkatkan kedisiplinan anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dalam bentuk eksperimen semu (quasi exsperiment). Sampel dalam penelitian ini adalah A1 dan A2. Dengan pertimbangan kelas A1 dan A2 dianggap mempunyai karakteristik yang sama pada latar nelakang masalah penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa time out efektiv untuk meningkatkan kedisiplinan anak kelompok A di TKMNU Sunan Giri Balung.Disiplin adalah sikap yang membuktikan kepatuhan pada aturan yang elah ditentukan oleh guru, orang tua atau pemimpin. Watak disiplin akan muncul jika mendidik anak melalui ketertiban hidup sehari-hari. Time out adalah cara untuk menghapus perilaku negatif anak dengan cara memberikan kesempatan untuk menenangkan dirinya ataupun memikirkan ulang kesalahan yang telah dibuat. Anak akan diberikan waktu sekitar 1-3 menit untuk merenungkan kesalahan yang telah anak perbuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah time out efektiv untuk meningkatkan kedisiplinan anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dalam bentuk eksperimen semu (quasi exsperiment). Sampel dalam penelitian ini adalah A1 dan A2. Dengan pertimbangan kelas A1 dan A2 dianggap mempunyai karakteristik yang sama pada latar nelakang masalah penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa time out efektiv untuk meningkatkan kedisiplinan anak kelompok A di TKMNU Sunan Giri Balung.

Keywords


Time Out, kedisiplinan, anak usia dini

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggi, Y. S, dan Gunawan. 2018. “Pengaruh Penerapan Disiplin Orang Tua Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Di RA Terpadu Bustanul Ulum Patrang Jember.” JECIE. 1(2): 127-135.

Arifatun, F. 2015. “Pengaruh Token Economy terhadap Disiplin Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak.” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Armayanti, R. N. 2017. “Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori.” Raudhah. 5(2).

Cahya, M. D. 2020. “Stimulasi Metode Time Out dalam Menerapkan Sikap Disiplin Anak Usia Dini.” Generasi Emas. 3(1).

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini nonformal dan informal Tahun 2012. “Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayanti. R dan Eny. P. 2010. “Time Out : Alternatif Modifikasi Perilaku Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).” Indigenous. 12(2): 101-114.

Made, I. L, dkk. 2020. “Meningkatkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini di Era New Normal.” Pratama Widya. 5(2).

Masyhud, Sulthon. 2021. “Metode Penelitian Pendidikan.” Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Nisak, C. A. 2013. Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA.2(1): 36-49

Ngalim, Purwanto. 2007. “Psikologi Pendidikan.” Cetakan ke 23. Remaja Rosdakarya.

Purwati, D. 2017. Pengaruh Konseling Behavior dengan Teknik Time Out terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Shanti, A. I. 2015. Penerapan Teknik Pentisihan Sesaat (Time Out) untuk Mengurangi Durasi Perilaku Tantrum pada Autisme Kelas III Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Luar Biasa.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wantah, Maria. J. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i2.22439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id