EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK TIME OUT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK KELOMPOK A DI TKMNU SUNAN GIRI KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggi, Y. S, dan Gunawan. 2018. “Pengaruh Penerapan Disiplin Orang Tua Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Di RA Terpadu Bustanul Ulum Patrang Jember.” JECIE. 1(2): 127-135.
Arifatun, F. 2015. “Pengaruh Token Economy terhadap Disiplin Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak.” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Armayanti, R. N. 2017. “Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori.” Raudhah. 5(2).
Cahya, M. D. 2020. “Stimulasi Metode Time Out dalam Menerapkan Sikap Disiplin Anak Usia Dini.” Generasi Emas. 3(1).
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini nonformal dan informal Tahun 2012. “Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayanti. R dan Eny. P. 2010. “Time Out : Alternatif Modifikasi Perilaku Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).” Indigenous. 12(2): 101-114.
Made, I. L, dkk. 2020. “Meningkatkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini di Era New Normal.” Pratama Widya. 5(2).
Masyhud, Sulthon. 2021. “Metode Penelitian Pendidikan.” Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.
Nisak, C. A. 2013. Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA.2(1): 36-49
Ngalim, Purwanto. 2007. “Psikologi Pendidikan.” Cetakan ke 23. Remaja Rosdakarya.
Purwati, D. 2017. Pengaruh Konseling Behavior dengan Teknik Time Out terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Shanti, A. I. 2015. Penerapan Teknik Pentisihan Sesaat (Time Out) untuk Mengurangi Durasi Perilaku Tantrum pada Autisme Kelas III Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Luar Biasa.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wantah, Maria. J. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i2.22439
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]