PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI TK AL ISTIQOMAH

Risbon Sianturi, Rifqa Annisa, Zihan Humaero

Abstract


Sistem Informasi Manajemen (SIM) memiliki peran yang penting dalam bidang pendidikan. Diantaranya untuk memantau mutu dan kinerja siswa, guru, dan staf secara efektif dan efisien. Selain dari itu, peran SIM juga sangat penting dalam mengelola data siswa termasuk data pribadi, catatan akademik, hasil ujian dan data alumni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran sistem informasi manajemen dalam pengelolaan di bidang mutu pendidikan, serta mengevaluasi dan menilai SIM dapat meningkatkan akses data siswa dan mutu pendidikan. Untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang bagaimana peran Sistem Informasi Manajemen dalam pengelolaan peningkatan mutu pendidikan maka dilakukan wawancara dengan kepala sekolah serta guru-guru yang ada di RA Al-Istiqomah. Pentingnya Sistem Informasi Manajemen di pendidikan ini menghasilkan mutu pendidikan yang berkualitas bagi warga sekolah. Pada peningkatan mutu pendidikan melibatkan faktor eksternal. Lembaga akreditasi dan para pengawas serta kepala sekolah yang berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan di RA Al-Istiqomah.

Keywords


Sistem informasi manajemen, mutu pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Annida, A., & Syahrani, S. (2022). Strategi manajemen sekolah dalam pengembangan informasi dapodik di internet. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(1), 89-101.

Aziz, A. Z. (2015). Manajemen berbasis sekolah: alternatif peningkatan mutu pendidikan madrasah. El-Tarbawi, 8(1), 69-92.

Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81-88.

Faisal, F., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Sistem Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Berbasis Simdik Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 77-85.

Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 124-134.

Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408-1422.

Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340-345.

Mursidi, A. (2013). Pengelolaan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1).

Mustofa, A., & Prayoga, A. (2020). Konsepsi Implementasi Sistem Informasi Managemen Dalam Mendukung Pelayanan Tenaga Pendidik. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-14.

Ni'am, M. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Peningkatan Mutu Supervisi Pendidikan di MA Darul Huda Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Sarah, R. (2019). Sim.

Sihombing, D., & Samosir, H. (2021). Optimalisasi peran manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 612-622.

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104.

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104.

Suwandi, S. (2016). Analisis studi kebijakan pengelolaan guru SMK dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 90-100.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i2.23080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]