PENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PUZZLE ANGKA DI RAUDHATUL ATHFAL AR-RAHMAH

Ririn Widayanti, Hilda Zahra Lubis

Abstract


This research was conducted as a classroom action research at RA Ar-Rahmah Medan Estate Kec. Percut Sei Tuan North Sumatra Province which is applied to group B students. By playing number puzzles, the research carried out at RA Ar-Rahmah seeks and aims to improve students' mathematical logical abilities. There were 15 students from group B RA Ar-Rahmah Medan as the subjects of this research, 9 of whom were female and 6 of whom were male, participating in this research. Two learning cycles were applied to conduct this classroom action research. The research results showed that in general the pre-cycle was 60, in general the first cycle was 66.6, and in general the second cycle was 93.4. The findings of this research state that playing number puzzles regularly and substantially will increase the mathematical logical intelligence of students at Raudhatul Athfal Ar-Rahmah Medan Estate.


Keywords


Early childhood; number puzzle; mathematical logical intelligence

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020) Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), hlm.150.

Basrowi dan Suwandi (2016) , Memahami Penelitian Kualitatif, h.127.

Burhan Bugin (2016), Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, h.130.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, h. 37

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Ananlisis Data (2011), cet.2 Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, h. 85.

Hartini, P. Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan Memancing Angka Di Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agam (2012). Jurnal Pesona PAUD, 1(1). h. 877

Kurniasih, Imas. Pendidikan Anak Usia Dini (2009). Jakarta: Edukasia, h. 90

Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (2007) Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, h.4.

Masganti Sit. Kecerdasan Majemuk (2020). Jakarta: Kencana, h. 127.

Mufarizuddin, M. Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), h.62

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L.Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (2020), 5(2), h.1368-1381

Nisak, R. Lebih dari 50 game kreatif untuk aktivitas belajar mengajar. DIVA Press. h.76

Renia Patmawati, “ Hubungan Bermain Puzzle dengan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia 3-4 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Sukarame Bandar Lampung (2020), (Skripsi, FTK Universitas Lampung). h.36-37

Sholihah, K. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Puzzle Angka (2018). CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), h. 2714-4107

Sudarwati. Peningkatan kemampuan membilang 1-20 melalui permainan puzzle pada anak kelompok B di TK Tunas Rimba 1 Samarinda tahun pembelajaran (2016). Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini., 3(1), h.25

Suhendri, H., & Id, H. C. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika (2011). In Jurnal Formatif, 1(1). h.1543

Srimulyati, Pengembangan Puzzle Edukatif Sebagai Kelompok Media Pengenalan Angka untuk Kelompok A di TK Purbonegaran, Gondokusuman, Yogyakarta (2016). ( Skripsi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. h.40

Wahyun, Mustaji, Hendratno. Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka (2022). Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), h.3411

Wiji lestari. (2012). Peningkatan kemampuan logika matematika anak tk b melalui metode pemecahan masalah di tk „aisyiyah bustanul athfal kauman, kecamatan cawas kabupaten klaten tahun ajaran 2011/2012 (pp. 1–14)

Yildiz, M., Öntürk, Y., & Efek, E.. The Investigation of Multiple Intelligence Modalities of University Students Receiving Sports Education (2020). Asian Journal of Education and Training, 6(2), h.246-255

Zamroni. Smart Parenting In Improving Students’ Spiritual Intelligence In PesantrenBased Madrasahs (2020), Ta'dib, h.2




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i2.23830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]