PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM MODERN DARUNNAJAH SERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai agama dan moral anak usia dini di TK Islam modern darunnajah-Serang Banten. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di TK Islam modern darunnajah Serang, subjek penelitian ini yaitu Anak, Kepala sekolah dan Wali kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penanaman nilai agama dan moral anak di TK Islam modern darunnajah Serang menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan, program penanaman nilai-nilai moral dan agama anak usia dini di TK Islam modern yaitu: membaca al-quran atau menghafal al-quran, jumat bersih dan saling memberi, kegiatan pembiasaan sholat berjamaah, berwudhu dan makan PePsesuai sunnah Rasul, program S3 (Senyum,Sapa,Salam), program tersebut sangat berdampak baik pada keseharian anak, melalui program-program tersebut anak-anak dibekalkan pondasi pengetahuan tentang nilai-nilai moral yang akan sangat berguna nantinya untuk anak tersebut. Peran Guru dalam penanaman nilai-nilai moral dan agama pada Anak usia dini di TK Islam modern darunnajah Serang adalah sebagai model keteladanan dan juga pembimbing bagi para anak selama disekolah, selain itu Guru juga menjadi motivator bagi para Anak untuk bisa berkembang menjadi pribadi yang baik. Beberapa prilaku yang harus dimiliki para guru adalah disiplin, ramah, sopan, dan prilaku baik lainnya. Wajib bagi para Guru di TK Islam modern darunnajah Serang memiliki sifat-sifat tersebut sebagai tauladan bagi para Anak. Penanaman nilai agama dan moral disekolah mempunyai pengaruh yang amat penting sebagai lingkungan kedua yang mendukung perkembangan Anak, oleh Karena itu Sekolah dan Orangtua perlu menjalin kerjasama yang baik sehingga perkembangan nilai agama dan moral Anak mempunyai pemahaman nilai agama dan moral . Penelitian ini memberikan masukan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan mengenai implementasi pengembangan nilai agama dan moral yang lebih baik lagi untuk diberikan kepada Anak.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. 1(1), 19–31.
Gepu, W. (2021). Membangun Militansi Agama Pada Anak Melalui Pengelolaan Bersama Lembaga Pendidikan, Lembaga Keagama dan Keluarga. 5(1). https://www.ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing/article/view/686
Inawati, I., & Athfal, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. https://www.researchgate.net/publication/330410720_Strategi_Pengembangan_Moral_dan_Nilai_Agama_Untuk_Anak_Usia_Dini
Indriani, M. p, Tagupia, J. K., & Oentoe, F. J. A. (2021). PERAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SD GMIM TOMPASO BARU. 2(1).
Ismawati, I., & Putri, A. A. (2020). Pengaruh Permainan Ligu terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. 3(2), 40–53. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/3913
Kusmiran. (2021). Peranan Guru dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di TK Pelangi Bagan Batu. 1(6). https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/630
Meleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. http://library.stik-ptik.ac.id/viewer.jsp?id=7251
Mukhamad, M. (2008). Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 38(2).
Nurjanah, S. (2018). PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL. 1(1).
Nurma, & Purnama, S. (2022). PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN BUNDA WOYLA BARAT. 6(1).
Palungan, S. (2011). Membangun Moralitas Melalui Pendidikan Agama. 8(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1533
Solekah, M., Lestariningrum, A., & Dwiyanti, L. (2021). Implementasi Pembelajaran Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia 4-5 Tahun selama Belajar dari Rumah. 1(1). https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/piaud/article/view/1621
Suherwan. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Agama Bagi Anak. 137–147. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/annizom/article/view/2078/1728
Sumarni, Musyafa, & Ali. (2020). Nilai-Nilai Moral Anak Usia Dini Dalam Buku Dongeng Karakter Utama Anak Usia Dini Seri Taat Beragama. 189–199.
Syamsudin, A. (2017). Pengaruh Iklim Keagamaan Lembaga PAUD terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini se-Kota Yogyakarta. 6(2), 99–108. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17698
Wahyuni, I. W. (2018). PENERAPAN NILAI-NILAI MORAL PADA SANTRI TPQ AL-KHUMAIER PEKANBARU. https://www.researchgate.net/publication/330117832_PENERAPAN_NILAI-NILAI_MORAL_PADA_SANTRI_TPQ_AL-KHUMAIER_PEKANBARU
Yanti, S. (2021). Analisis Perkembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Pada Tayangan Film Animasi Nussa dan Rarra. Jurnal Tazkirah, 1(1), 924–998.
Yuliansah, D. sukma. (2021). Analisis Peran Guru Sebagai Pengelola Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp Group di Kelas V Sekolah Dasar. 4(2). https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/1237
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i1.24811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]