MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A TK RENDHAWA ENGLISH SCHOOL TAHUN AJARAN 2023 – 2024
Abstract
Kemampuan berbicara memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dengan orang lain di sekitar mereka, menjadikan kompetensi linguistik sebagai keterampilan hidup yang penting. Ketika anak-anak mulai menjalin hubungan dengan orang lain, bahasa menjadi sarana utama untuk mengkomunikasikan ide dan informasi mereka. Tahun-tahun pembentukan kehidupan seorang anak ditandai dengan matangnya kemampuan berbahasanya. Sebagian anak Taman Kanak-Kanak di Rendhawa English School belum sepenuhnya mengembangkan keterampilan bahasa ketika penelitian ini dilakukan, mungkin karena tingginya jumlah siswa yang mendaftar di kelas tersebut. Ada sejumlah penanda perkembangan bahasa, dan ketidakmampuan anak mengartikulasikan idenya adalah salah satunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek makro dan mikro role play yang berkontribusi terhadap perkembangan linguistik anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai metodologinya. Menghitung jumlah dan persentase siswa yang mencapai perkembangan pada setiap siklus dengan menggunakan analisis kuantitatif (analisis persentase). Dalam analisis kualitatif disebut juga analisis evaluasi, tingkat perkembangan yang dicapai anak dinilai dengan empat kategori: belum berkembang (BB), mulai berkembang (MB), berkembang sesuai harapan (BSH), dan berkembang sangat baik (BSB). Metode pengumpulan data meliputi pencatatan yang cermat dan pengamatan lingkungan secara cermat. Temuan penelitian ini mendukung gagasan bahwa bermain peran membantu anak-anak mengembangkan kemampuan linguistik mereka. Hal menakjubkan lainnya tentang bermain peran adalah memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk terhubung dengan orang-orang nyata, yang sangat bagus untuk perkembangan sosial dan bahasa mereka.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Acih Munasih. (2018). Iman Nurjaman Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 6 (1), 1-15.
Al Athfal, A. (2019). I: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini 2 (1), 62-69.
Anggraini, N. (2021). Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 7 (1), 43-54.
Arikunto, S. (2006: 241). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, N. (2013). Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies 2 (2).
Fauzia, Naila, S. (2021). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini 6 (1),. Nur Isna UIN Raden Intan Lampung (2019)..
Hariyadi, Mohammad.(2009). Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Prestasi Pustaka Raya
Haryani, K, H. (2020). Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 10 (1), 75-94.
Hong, Carrie, E & Lawrence Salika, A. (2011). Action Research in Teacher Education: Classroom Inquiry, Reflection, and Data-Driven Decision Making. Journal of Inquiry dan Action in Education, 4 (2), 2011, 1-17.
Inten, N. D. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. 10 (1). 109-120
Khairi, Husnuzziadatul. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna. Volume 2(2). ISSN: 2550-0058.
Mayer, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis
Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Mills, G.E. (2003). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher, 2nd Ed. Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.
Muliyana, Wardhana K. E (2022). BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 1 (2), 125-134,
Rosalina. (2011). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Psycho Idea. 9 (1). (E-Issn: 1693-1076)
Syarifah, H. (2020). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4 (3).
Suryana, Dadan. ( 2019). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media Grup.
Undang Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wardani, I., & Kusawaya, W., (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i2.26674
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]