POLA PENGASUHAN ANAK USIA DINI PADA ORANG TUA PEKERJA SHIFT MALAM (SPS) SATUAN PAUD SEJENIS PRAPAT HULU, BABUSSALAM, ACEH TENGGARA

Isna Maulidya, Raden Rachmy Diana

Abstract


Penelitian ini mengkaji pola pengasuhan anak usia dini pada orang tua pekerja shift malam di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Prapat Hulu, Babussalam, Aceh Tenggara. Studi ini bertujuan untuk memahami tantangan dan strategi yang diterapkan oleh keluarga dalam menyeimbangkan tuntutan pekerjaan shift malam dengan tanggung jawab pengasuhan anak. Metodologi penelitian melibatkan pendekatan kualitatif dengan fokus pada empat keluarga yang memiliki anak bersekolah di SPS Prapat Hulu, di mana kedua orang tua aktif bekerja shift malam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa strategi kunci yang diterapkan oleh orang tua, termasuk perencanaan jadwal yang terstruktur namun fleksibel, pemanfaatan teknologi untuk menjaga komunikasi, penciptaan ritual keluarga khusus, penekanan pada kesehatan fisik dan mental orang tua, serta komunikasi terbuka dengan anak. Temuan juga menunjukkan pentingnya dukungan dari institusi pendidikan, pembuat kebijakan, dan masyarakat dalam memfasilitasi keberhasilan pengasuhan dalam konteks ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun pengasuhan anak bagi orang tua pekerja shift malam menghadirkan tantangan unik, dengan strategi yang tepat dan dukungan sistem yang memadai, keluarga dapat mengatasi kendala tersebut dan memastikan perkembangan optimal anak. Studi ini juga menggarisbawahi kebutuhan akan penelitian longitudinal lebih lanjut untuk memahami dampak jangka panjang dari pola pengasuhan ini terhadap perkembangan anak dan dinamika keluarga.

 

 

 


Keywords


Kata kunci: Pola Asuh, Anak Usia Dini pekerja shift malam.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Ihsan, A. D. (2023). Pengaruh Shift Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Di Rsud Blambangan Banyuwangi.

Apriani, F., & Anggraeni, L. D. (2019). Efek Psikososial Pada Perawat Perempuan Yang Menjalani Peran Ganda. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 2(1), 14–23.

Bashori, K. (2018). Pendidikan Politik di Era Disrupsi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 287–310. https://doi.org/10.32533/02207.2018

Febria Annisa. (2023). Pengaruh Practical Life Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Anak Usia Dini.

Handayani, M. (2017). Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 67–80. https://doi.org/10.21009/jiv.1201.7

Hermoyo, R. P. (2018). Membentuk Komunikasi Yang Efektif Pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi, 1(1), 1–22.

Himawati, I. P., Nopianti, H., Hartati, S., & Hanum, S. H. (2016). Analisis Pemenuhan Hak Dasar Anak Pada Program “Kota Layak Anak” Di Kecamatan Gading Cempaka, Bengkulu. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 5(1), 37–49. https://doi.org/10.22202/mamangan.v5i1.1928

Laily, I., & Tualeka, A. R. (2023). Hubungan Antara Shift Kerja Dan Kelelahan Kerja Dengan Tekanan Darah Pada Perawat Di Rumah Sakit X. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 1798–1805.

Lestari, R., Windarwati, H. D., & Hidayah, R. (2023). The Power of Digital Resilience: Transformasi Berpikir Kritis dan Penguatan Kesehatan Mental Emosional di Era Disrupsi. In The Power of Digital Resilience: Transformasi Berpikir Kritis dan Penguatan Kesehatan Mental Emosional di Era Disrupsi. Universitas Brawijaya Press. https://doi.org/10.11594/ubpress9786232968400

Masni, H. (2021). Peran Pola Asuh Demokrais Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Imiah Dikdaya, 6(1), 58–74.

Masykuroh, K., Chandra Dewi, S., Kons, M. P., Heriyani, E., Kons, M. P., & Widiastuti, H. T. (2022). Modul psikologi perkembangan. Feniks Muda Sejahtera.

Rahmanda, Ismi, and Z. Z. (2024). Studi Dampak Pendampingan Orang Tua Dalam Jam Belajar Sekolah Paud Usia 4-5 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 5(1), 1–12. https://lib.unnes.ac.id/28443/1/1201411091.pdf

Runtiko, A. G. (2022). Kajian Literatur Naratif Pendekatan Teoritis Komunikasi Keluarga. Jurnal Common, 5(2), 134–143. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.4780

Savitry, W., Henriati, A., & Widyawati, Y. (2022). Menilik Lebih Dalam Anak Usia Dini Peran Orang Tua, Guru, Ddan Institusi. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=1j12EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=pendidikan+anak+usia+dini+sains+media+pembelajaran+buku&ots=oUfhfCh7c_&sig=r8vY5vWcPu3LtHl83ubfIttlLyc

Sidjabat, B. (2021). “Membesarkan Anak Dengan Kreatif: Panduan Menanamkan Iman Dan Moral Kepada Anak Sejak Dini.” Penerbit Andi.

SYAMSIAR, M., & IKHSAN, H. (2021). Kontribusi Keluarga Dalam Pendidikan Anak Korban Perceraian Di Kota Ternate. ETNOHISTORI: Jurnal Ilmiah Kebudayaan Dan …, VIII(2), 57–65. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/etnohis/article/view/4080%0Ahttp://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/etnohis/article/view/4080/2621

Uce, L. (2017). the Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1322

Wartiningsih. (2020). Desain Kurikulum E-Learning Sebagai Pelatihan Pengasuhan Anak 0-6 Tahun Bagi Orang Tua Yang Bekerja. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 140–148. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Yoesoep Edhie Rachmad. (2024). Integrasi Metode Kuantitatif dan Kualitatif: Panduan Praktis Penelitian Campuran. PT. Green Pustaka Indonesia.

Yulia, L. (2023). Bimbingan Orang Tua Muslim Untuk Membentuk Kepercayaan Diri Pada Remaja Pengangguran Di Desa Kertanegara …. https://eprints.uinsaizu.ac.id/18568/1/Yulia Latifah_Bimbingan Orang Tua Muslim untuk Membentuk Kepercayaan Diri Pada Remaja Pengangguran Di Desa Kertanegara Purbalingga.pdf

Yuniar Bahri, S., Juhad, M., Affandy, Y., Hari Santhi, N., Ari Wijaya, S., Studi Administrasi Publik, P., & Muhammadiyah Selong, Itsk. (2023). Strategi Sosialisasi dan Pelatihan Inovatif untuk Meningkatkan Aktivitas Politik dan Partisipasi Generasi Z dalam Kebijakan Publik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 128–136. https://doi.org/XX..XXXXX/JPMI

Yusuf, H. M. (2024). Profil anak berkonflik dengan hukum ditinjau dari kedisiplinan dan penerimaan orang tua: Studi kasus di LPKA Blitar ).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i2.27148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]