KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI DASAR MENGGUNAKAN MEDIA GEOMAZE PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif dibidang matematika pada anak usia 4-5 tahun yaitu kemampuan mengenal bentuk geometri dasar dengan menggunakan media GeoMaze. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media GeoMaze terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri dasar pada anak usia 4-5 tahun di TK MINI Surabaya dan penelitian ini menggunakan rancangan one-group pretest-posttest design, dengan jumlah sampel 15 anak. Adapun tenik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil analisis data yaitu t-hitung berjumlah 3,21 dan t-tabel berjumlah 1,76 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis dari pengaruh media GeoMaze terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri dasar pada anak usia 4-5 tahun di TK MINI Surabaya dapat dijelaskan bahwa thitung = 3,21 lebih besar dari ttabel = 1,76 dengan taraf signifikan 0,05 = 1,76. Hal ini menujukan bahwa media GeoMaze berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri dasar pada anak usia 4-5 tahun di TK MINI Surabaya sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (Treatment).
Kata Kunci: Media GeoMaze, Kemampuan Kognitif, Mengenal Bentuk Geometri
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Affrida, E N, dan Andri, K. 2023. “Pelatihan Pengembangan Kegiatan Numerasi Berbasis Merdeka Belajar Merdeka Bermain Pada Guru Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 691-696. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/123
Anggraini., Zulkifli. dan Puspitasari.(2023). “Pengaruh media geo lane terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun di TK Taqwa Al-Hidayah Danto Kabupaten Kampar”. Journal on Education, 5(2), 3874-3884. https://dx.doi.org/10.24042/00202361905900
Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. RINEKA CIPTA
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). “Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran”. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.
Hijriati. (2016). “Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood”. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33-49. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/2034/1506
Indarwati., Suttrisno., Subroto, E D. dkk. (2023) Pendidikan Anak Usia Dini. PT. SADA KURNIA PUSTAKA.
Jaya, I Made L M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (Teori,Penerapan, Dan Riset Nyata). QUADRANT, Yogyakarta.
Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). “Evaluasi Media Pembelajaran”. Journal of Student Research, 1(2), 18-32. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.954
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan United Nations Children’s Fund. (2017). Laporan Baseline SDG trntang Anak-Anak di Indonesia.Jakarta:BAPPENAS dan UNICEF.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. PERDANA PUBLISHING.
Khadijah. dan Nurul, A (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. KENCANA, Jakarta.
Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). “Pengenalan konsep perkalian menggunakan media rak telur rainbow pada anak usia dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512-519. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370
Purnamasari, A,. Nurhayati. (2018). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak”. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol 1.2 (124-132). http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6657
Rupnidah. dan Suryana. (2022). “Media pembelajaran anak usia dini”. Jurnal PAUD agapedia, 6(1), 49-58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199
Safira, S., & Fidesrinur, F. (2021). “Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui maze geometri pada anak usia 4-5 Tahun”. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.562
Simorangkir, J. D., Simatupang, F. J., Simatupang, R., & Naibaho, D. (2024). “PERAN ORANG TUA DALAM KONSEP PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI: KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK”. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 335-344. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1350
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, Bandung.
Tatminingsih. dan Cintasih.(2016). “Hakikat konsep dasar pendidikan anak usia dini”, 1, 1-65. https://www.academia.edu/116112972/Hakikat_Konsep_Dasar_Pendidikan_Anak_Usia_Dini
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v12i1.31801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]