PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAURA NASHYEFA
Abstract
Pengenalan huruf penting untuk membangun kemampuan keaksaraan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Berbasis Augmented Reality terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Naura Nashyefa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Kuasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini 30 anak dengan 15 anak sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,001 < 0,05 artinya H1 diterima dan H0 ditolak dengan demikian kemampuan keaksaraan pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan media pembelajaran Augmented Reality memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun di TK Naura Nashyefa
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggraini, N. (2020). Peranan Orang R;Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak. METAFORA
Deni Septi Wulandari, B. H. (2021). VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU KUARTET. 12.
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1). https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Hajerah, H., Syamsuardi, S., & Herman, H. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Bahan Bekas Pada Guru TK Di Kabupaten Maros. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018(9).
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430
Masitoh. (2019). GANGGUAN BAHASA DALAM PERKEMBANGAN BICARA ANAK. Elsa, 17.
Meri Selvia, K. N. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam Implementasi Kurikulum dan Metode Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Inoasi,Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran .
Muhammad, A. R. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Belajar Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah. Skripsi, 3(1).
Pertiwi, V., Nasution, W., Fidiawati, L., Bina, U., & Getsempena, B. (2024). Jurnal Ilmiah Mahasiswa EFEKTIVITAS MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN. 1(1), 1–13.
Rusmayadi, R., & Herman, H. (2024). Tantangan dan Solusi Dalam Menghadapi Era Digital: Pendidikan Anak di Zaman Teknologi. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 127–135. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss3.1149
Septian Dwi Prasetya, Y. A. (2020). STUDI LITERATUR PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED . Jurnal IT-EDU.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v12i1.31807
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]