MEDIA REALIA DALAM MENGENALKAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMBANG TERATAI KELURAHAN LEKOBALO KECAMATAN KOTA BARAT KOTA GORONTALO
Abstract
This study The purpose of this study was to describe the use of realia media conducted by teachers in learning. The method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques used in the form of observation, interviews and documentation. Based on the results of the study, the application of Realia Media in introducing the Group A Children's Vocabulary in TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, illustrates that the teacher has applied realia media in the learning process. It can be seen from the teacher preparing the real media of chickens and cats to be used as learning material and Such real media can increase vocabulary in children but there is still one child who is not fluent in speaking, there is still a long pause when children tell stories, and the child's voice when speaking is still slow. for that as a teacher must work even harder in equipping children with words related to a particular field and introducing vocabulary needs to be done continuously and must go through in various ways.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amini. 2016. Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata. Universitas Negeri Yogyakarta, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/12362/8932
Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta. Pandak Bantul
Apriansyah. Chandra. 2018. Jurnal Audi. Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Media Realia. STKIP Panca Sakti Bekasi
Arsyad,Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres
Brewer.2007..Introduction to Early Childhod Education Presschool Through Primary Grades Sixt Edition. USA: Person Education.
Chaer,Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta
Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: Rosdakarya
Lathipah Hasanah. 2018. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Penggunaan Real Object Dapat Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia 5-6 Tahun. PIAUD Sekolah Tinggi Agama Islam
Madawanti. Nika. 2018. Jurnal. Pengaruh Media Realia Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Kapas Kecamatan Kinjang Kabupaten Kediri. Universitas Negeri Surabaya
Masitoh .2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
Miranti, Ira. 2015. Faktor Jurnal Kependidian. Penggunaan Media Lagu Anak Anak Dalam Melambangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di Paud. Universitas Indraprasta PGRI
Nani.J.Arini. 2016. Pengaruh Dongeng Terhadap Kemampuan Kosakata anak. Kelompok A di TK Negeri Pembina Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.
Novita. 2018. Jurnal. Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Keefektifan. Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. SDN Setia Darma 03. Tambun Selatan
Sadiman. Arif. 2011.Media Pendidikan. Jakarta:Penerbit PT. Rajagrafindo Persada
Saleh, Djarlin. 2012. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Gambar pada Anak Kelompok B Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Gorontalo
Seefeld, Carrol Barbara A.Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini (Alih Bahasa) Jakarta:Indeks
Sudjana.Nana. 2010. Dasar-dasar proses belajar.Bandung.Sinar Baru
Sugiharti. 2018.Jurnal. Penggunaan Media Realia untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Kompotensi Mengenal Lambang Bilangan pada Siswa Kelas 1 SDN 02. Kartoharjo Kota Madiun
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D Bandung: Alfabeta
Syaodih. 2004.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Tarigan,H.G. 2000. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa
Umar. Hamalik. 2001.Proses Belajar Mengaar. Jakarta: Rineka Cipta
Unsrini.2017.Jurnal.Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Media Nyata Pada Anak Usia 4-5 Tahun. FKIP UNTAN. Pontianak
Utoyo.Setyo.2017.Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo: Ideas Publising
Wahyuni.Puji.2017.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mengenalkan Kosakata Bahasa Jawa pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak
Wibowo. 2002. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Balai Pustaka: Jakarta.
Yuliana.Widya.2018. Jurnal PKM. Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Realia dan Flash Card. Universitas Indraprasta PGRI
Zain. Aswan.2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta Zaenal.Arifin.2003.Cermat Berbahasa Indonesia: Jakarta: Akademika Presindo
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v6i1.7373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]