MEDIA REALIA DALAM MENGENALKAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMBANG TERATAI KELURAHAN LEKOBALO KECAMATAN KOTA BARAT KOTA GORONTALO

Pupung PuspaArdini, Nurhayati Ibrahim, Mohamad Zubaidi, Hijrah Syahputra

Abstract


This study The purpose of this study was to describe the use of realia media conducted by teachers in learning. The method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques used in the form of observation, interviews and documentation. Based on the results of the study, the application of Realia Media in introducing the Group A Children's Vocabulary in TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, illustrates that the teacher has applied realia media in the learning process. It can be seen from the teacher preparing the real media of chickens and cats to be used as learning material and Such real media can increase vocabulary in children but there is still one child who is not fluent in speaking, there is still a long pause when children tell stories, and the child's voice when speaking is still slow. for that as a teacher must work even harder in equipping children with words related to a particular field and introducing vocabulary needs to be done continuously and must go through in various ways.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amini. 2016. Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata. Universitas Negeri Yogyakarta, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/12362/8932

Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta. Pandak Bantul

Apriansyah. Chandra. 2018. Jurnal Audi. Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Media Realia. STKIP Panca Sakti Bekasi

Arsyad,Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres

Brewer.2007..Introduction to Early Childhod Education Presschool Through Primary Grades Sixt Edition. USA: Person Education.

Chaer,Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: Rosdakarya

Lathipah Hasanah. 2018. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Penggunaan Real Object Dapat Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia 5-6 Tahun. PIAUD Sekolah Tinggi Agama Islam

Madawanti. Nika. 2018. Jurnal. Pengaruh Media Realia Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Kapas Kecamatan Kinjang Kabupaten Kediri. Universitas Negeri Surabaya

Masitoh .2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Miranti, Ira. 2015. Faktor Jurnal Kependidian. Penggunaan Media Lagu Anak Anak Dalam Melambangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di Paud. Universitas Indraprasta PGRI

Nani.J.Arini. 2016. Pengaruh Dongeng Terhadap Kemampuan Kosakata anak. Kelompok A di TK Negeri Pembina Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.

Novita. 2018. Jurnal. Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Keefektifan. Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. SDN Setia Darma 03. Tambun Selatan

Sadiman. Arif. 2011.Media Pendidikan. Jakarta:Penerbit PT. Rajagrafindo Persada

Saleh, Djarlin. 2012. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Gambar pada Anak Kelompok B Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Gorontalo

Seefeld, Carrol Barbara A.Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini (Alih Bahasa) Jakarta:Indeks

Sudjana.Nana. 2010. Dasar-dasar proses belajar.Bandung.Sinar Baru

Sugiharti. 2018.Jurnal. Penggunaan Media Realia untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Kompotensi Mengenal Lambang Bilangan pada Siswa Kelas 1 SDN 02. Kartoharjo Kota Madiun

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D Bandung: Alfabeta

Syaodih. 2004.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Tarigan,H.G. 2000. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa

Umar. Hamalik. 2001.Proses Belajar Mengaar. Jakarta: Rineka Cipta

Unsrini.2017.Jurnal.Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Media Nyata Pada Anak Usia 4-5 Tahun. FKIP UNTAN. Pontianak

Utoyo.Setyo.2017.Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo: Ideas Publising

Wahyuni.Puji.2017.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mengenalkan Kosakata Bahasa Jawa pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Wibowo. 2002. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Balai Pustaka: Jakarta.

Yuliana.Widya.2018. Jurnal PKM. Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Realia dan Flash Card. Universitas Indraprasta PGRI

Zain. Aswan.2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta Zaenal.Arifin.2003.Cermat Berbahasa Indonesia: Jakarta: Akademika Presindo




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v6i1.7373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id