PEMANFAATAN BAHAN AJAR DIGITAL BERUPA ANIMASI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Badri Munawar

Abstract


Penggunaan bahan ajar digital merupakan bagian dari transformasi yang mesti dilakukan oleh pendidik pada era teknologi ke empat yang menjadi penanda kemajuan pendidikan yang menyesuaikan dengan keadaan zaman. Pendidikan Anak Usia Dini sebagai salah satu satuan pendidikan paling awal dengan karakteristik anak yang ingin serba tahu, dan memerlukan banyak media untuk belajar. Untuk karena itu perlu dikenalkan proses pembelajaran menggunakan teknologi digital, selain untuk merangsang perkembangan anak juga bertujuan untuk mengenalkan dengan bijak penggunaan teknologi sejak dini. Dengan demikian guru mesti mempersiapkan bahan ajar digital yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Animasi menjadi salah satu bahan ajar yang digunakan dalam bentuk digital, penggunaan yang cukup mudah serta  bisa menampilkan banyak warna atau gambar. Penggunaan bahan ajar dengan aplikasi seperti animasi dan media yang lainnya dapat membuat pembelajaran lebih beragam dan menarik perhatian. Penelitian ini mengupas secara deskriptif kualitatif tentang penggunaan bahan ajar digital berupa animasi di pendidikan anak usia dini, dengan melibatkan 10 Guru PAUD yang telah menjadi tempat uji coba pengembangan aplikasi Animaker. Kemudian didalami dengan proses wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian tersebut didapatkan penggunaan animasi sebagai bahan ajar menjadi sesuatu yang baru dan dapat mempermudah pengenalan objek-objek yang tidak bisa dikenalkan secara langsung.


Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini, Bahan Ajar Digital, Animasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agung, I. G., Lawe, R., & Ahmad, A. (2020). Animasi sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Anak-Anak. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 35, 242–249.

Creswell, J. (2015). Educational Research, Planing, Conducting, and Evaluating Qualitative and Quantitative (5th ed.). Pearson Education.

Febiharsa, D., & Djuniadi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia . Journal of SECE (Studies in Early Chilhood Education), 75–84.

Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. (2018). Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 135–140. https://doi.org/10.30653/002.201832.61

Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z., (2019), Web Series Animasi Nussa sebagai Media Pendidikan Islami pada Anak, Jurnal Komunikasi Visual Wimba, X/1, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Merdekawati, I., Fadlullah, & Rosidah, L. (2019). Penerapan Permainan Outbond Bagi Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Peradaban Cilegon- Banten. JP PAUD FKIP Untirta, 6, 139–146.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaäna, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition.). Thousand Oaks, Califorinia: SAGE Publications, Inc..

Mustanzier, P. A., (2016), Penggunaan Gaya Ba- hasa Melayu dalam Tayangan Film Kartun Animasi Upin dan Ipin pada Perilaku Komunikasi Anak di SD Negeri 1 Poasia Kendari, Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, I/2, Universitas Halu Oleo, Kendari.

Pransiska, R. (2013). Pemanfaatan IT Sebagai Media dalam Mengenalkan Bahasa Ingris pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(2), 107–112.

Primayana, K. H. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1 Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0, 321–328.

Santoso, F. B. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0 PENGEMBANGAN, 108–115.

Sheppard, M. E., Ed, D., Vitalone-raccaro, N., Ph, D., Kaari, J., & Ajumobi, T. T. (2017). Using a flipped classroom and the perspective of families to teach medical students about children with disabilities and special education. Disability and Health Journal. https://doi.org/10.1016/j.dhjo.2017.03.012

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara

Yaswinda, Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi untuk Meningkatkan Kogntif Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal AUDI, 3359(2), 100–109.

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.

Vaughan, T., (2004), Multimedia: Making It Work. SixthEdition. McGraw-Hill Companies.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v7i2.9071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id