MEMBUDAYAKAN LITERASI DENGAN PROGRAM 6M DI SEKOLAH DASAR

aulia akbar

Abstract


Literasi merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Namun, meurut survei yang dilakukan PISA ditemukan bahwa kebiasaan literasi belum membudaya dikalangan siswa Sekolah Dasar. Perlu adanya tindakan yang harus dilakukan untuk mengubah perilaku tersebut. Program 6M (mengamati (observe), mencipta (create), mengkomunikasikan (communicate), mengapresiasikan (appreciate), membukukan (post), memamerkan (demonstrate)) merupakan suatu program yang bertujuan menciptakan budaya literasi di kelas. Dalam kegiatan program 6M siswa dibiasakan untuk peka terhadap lingkungan dengan membuat suatu karya. Karya yang telah dibuat siswa kemudian dikumpulkan dalam folder atau dipajang disekitar area kelas. Prinsif yang dibangun dari program ini bertujuan untuk membangkitkan serta mewadahi segala potensi siswa dengan cara belajar secara langsung. Kegiatan ini mengintegrasikan materi pembajaran dalam aktifitasnya. Sehingga guru dapat memanfaatkan program 6M ini sebagai bagian dari pembelajaran di kelas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: [email protected]