DEVELOPMENT OF LANGUAGE PSYCHOLOGY IN ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN AND ITS LEARNING IMPLICATIONS AT SDN SUMBER 2 YOGYAKARTA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aniswita, & Neviyarni. (2020). PERKEMBANGAN KOGNITIF, BAHASA, PERKEMBANGAN SOSIO-EMOSIONAL, DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Inovasi Pendidika, Vol. 7. No 2, hal.1-13.
Awliyah, R., et al. (2021). Aspek Perkembangan Bahasa Anak pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 99-106.
Dewi, M. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-11.
Elya, M. H. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 302-315.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1-10.
Heriawan, A., & Pribadi, R. (2018). BAHASA KITA DAN PENDIDIKAN KITA. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 4(2), 1-13.
Kurniati, E. (2017). Perkembangan bahasa pada anak dalam psikologi serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47-56.
Mahayyun, S. I. (2022). Peran Bimbingan Belajar AHE Tawangrejo dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah. Journal of Elementary Education Research, 1(2), 82-98.
Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press.
Marisa, R. (2015). PERMASALAHAN PERKEMBANGAN BAHASA DAN KOMUNIKASI ANAK. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd) , 1(2), 1-9.
Mulyani, E. (2011). Model pendidikan kewirausahaan di pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 1-10.
Mardison, S. (2017). Perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI). Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2).
Saubas, H. U. (2017). Bahasa Sebagai Sarana Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Komunikasi Ilmiah. EDUKASI, 15(2), 1-10.
Satriana, M. (2013). Permainan Tradisional Berbasis Budaya Sunda Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 65-84.
Semiawan, C. R. (2010). Metodei Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Solihat, I., & Riansi, E. S. (2018). Literasi cerita anak dalam keluarga berperan sebagai pembelajaran pembentuk karakter anak sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 258-271.
Sunarto, A., & Hartono, A. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Susanto, A. (2013). Teori dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Taufiqurrahman, S., & Suyadi, S. (2020). Analisis Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dasar Dalam Proses Pembelajaran. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 8(2).
Wicaksono, A., dkk. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan
Singkat). Yogyakarta: Garudawacha.
Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam komunikasi pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 1-10.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.
Yunus, H. S. (2010). Metodologi penelitian wilayah kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v9i2.21700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: [email protected]