ANALISIS KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KALIMAT DALAM KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Titin Nurhayatin, Feby Inggriyani, Arifin Ahmad

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat  dalam makalah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa 25 makalah yang ditulis oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tahun akademik 2016/2017. Teknik pengumpulkan data menggunakan dokumentatif, sedangkan teknik analisis data menggunakan prosedur kerja analisis kesalahan berbahasa yang meliputi, identifikasi data, klasifikasi data, dan penentuan frekuensi kesalahan, serta menyajikan perbaikannya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 94 kesalahan berbahasa yang meliputi kesalahan dalam aspek struktur kalimat 24,7%, kesejajaran 16,5%, ejaan 26,8%, diksi 23,7%, dan kelogisan 5,32 %. Kesalahan terbanyak dalam penggunaan kalimat efektif  terdapat pada kesalahan  penggunaan struktur kalimat, ejaan, dan diksi. Oleh karena itu, perlu upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi kesalahan  penggunaaan kalimat  dengan membaca buku tata bahasa atau PUEBI, kamus, dan buku-buku penunjang lainnya. Selain itu, hasil penelitian ini berimplikasi pada perbaikan bahan ajar bahasa Indonesia dan teknik penyajian dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: kalimat efektif, karya tulis ilimiah, mahasiswa

 

Abstract. The purpose of this study is to describe the abuse of effective sentences in student papers. This research use desciptive qualitative approach. The source of research data in the form of 25 papers written by students of Elementary School Teacher Education (PGSD) academic year 2016/2017 Data collection techniques use documentation. While the technique of data analysis using the working procedure of language error analysis that includes, data identification, data classification, and the determination of error frequency and presents the improvement. Based on the result of data analysis, there are 94 language errors which include in the aspect of sentence structure 24,7%, alignment 16,5%, spelling 26,8%, diction 23,7%, and logical 5,32%. The most effective use of effective sentences on errors in the use of sentence structure, spelling, and diction. The most effective use on errors in the of sentence structure, spelling, and diction. Therefore, it is necessary effort to be done in overcoming the effective use of sentence by reading the grammar book or PUEBI, dictionary, and other supporting books. In addition, the results of this study have implications for improvements in Indonesian teaching materials and Indonesian language techniques in the learning process.

Keywords: effective sentences, papers, student


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Anas, dkk. 2011. Menulis Ilmiah: Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Surabaya: Unesa University Press.

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayudia, Edi Suryanto, B. W. 2016. Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasaindonesia Dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 4(1), 45.

Brown, H., Douglas. 2004. Principles of Language Teaching And Learning. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Dalman. 2015. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawati Pers.

Gantamitreka dan Shokha. 2016. Kesalahan Bebahasa penggunaan EYD Panduan Lengkap Berbahasa yang Baik dan Benar Edisi Terbaru untuk Pelajar, Mahasiswa dan Umum. Solo: Genta Smart Publisher.

Jalal, Moch. 2012. Problematika Kesalahan Bahasa Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Universitas Airlangga. Mozaik: Jurnal Ilmu Humaniora, 12(2).

Jauhari, Heri. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kotz Daniel dan Jochen W.L. Cals. 2013. WRITING TIPS SERIES Effective writing and publishing scientific papersdpart I: how to get started. Journal of Clinical Epidemiology 66,397. Elsevier.

Murtiningsih. 2013. Kesalahan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S-1 Pgsd Stikip Nuuwar Fak-Fak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 6(1),77.

Persadha, Dhimas Asih Kusuma. 2016. Studi Kompetensi Kemampuan Menulis di Kalangan Mahasiswa. MUADDIB. 6 (1),3.

Rahmawati, Neulis. 2011. Bahasa Indonesia Keilmuan di Perguruan Tinggi. Bandung: Khalifa Insan Cendikia Pres.

Ramadhanti, Dina. 2016. Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karya Tulis Ilmiah Siswa : Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelasa XI SMK Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(2),73.

Riswati. 2015. Penggunaan kalimat efektif dalam karya tulis ilmiah mahasiswa. Riksa Bahasa 1(2), 226.

Suherli. 2007. Menulis Karangan Ilmiah: Kajian dan Penuntun dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Arya Duta.

Soedjito. Saryono,D. 2011. Kosakata Bahasa Indonesia. Malang. Aditya Media Pustaka.

Susanti, Ratna. 2015. Kesalahan penggunaan eyd dalam karya ilmiah mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal IKON Prodi D3 Komunikasi Massa. Politeknik Indonusa Surakarta 1(2), 36.

Widjono. 2012. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.

Turistiani, Trinil Dewi. 2013. Fitur Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dalam Makalah Mahasiswa. Paramasastra, Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 1(1), 62.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id