NUMBER WHEEL MEDIA: IMPROVING NUMERACY SKILLS AT 'AISYIYAH GUIDANCE CENTER MALAYSIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antika, S., Syamsuyurnita, S., Saragih, M., & Sari, S. P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Culture Responsif Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9945-9956.
Ernilawati, E. Pengembangan Media Kincir Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak di TK Ar-Raazzaaq Sumani.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Han, W., et al.. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
Lail, K., Fiantika, F. R., & Rusminati, S. H. (2024). Interactive Media Development With Articulate Storyline 3 For 5th Grade Mathematics: Volume Of 3d Shapes. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 10(2), 75-86. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v10i2.28353
Munahefi, D. N., Lestari, F. D., Mashuri, M., & Kharisudin, I. (2023). Pengembangan kemampuan literasi numerasi melalui pembelajaran tematik terintegrasi berbasis proyek. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 663-669.
Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2023). Media Pembelajaran Kincir Pintar Perkalian Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Matematika. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 286-290. https://doi.org/10.5281/zenodo.10251577
Nasiba, U. (2022). Brankas rahasia: Media pembelajaran numerasi berbasis berpikir komputasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 521-538. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.764
Oktavia, L. S., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Perkembangan anak usia sekolah dasar: Kajian untuk siswa kelas rendah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1823-1828.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Sa'diyah, A. M. F., Wahyudi, W., & Joharman, J. (2017). Penerapan Metode Inkuiri Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jerukagung Tahun Ajaran 2016/2017. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 5(2.1).
Sadrina, A., Bakhita, K. R., Belen, T., & Wiraayudha, U. (2024). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Motorik Halus di TK Nusa Indah Desa Bicak. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AKADEMISI, 2(3), 34-38. https://doi.org/10.59024/jpma.v2i3.883
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(1), 351-360.
Siregar, R. S. (2022). Peningkatan literasi numerik melalui model group investigation pada siswa kelas V SD. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3485
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Wardani, K. U., Hilyana, F. S., & Riswari, L. A. (2024). Improving Students’ Understanding Of Mathematical Concepts Through The Realistic Mathematics Education Model Assisted By Sibica Videos. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 10(2), 28-41. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v10i2.28165
Yustinaningrum, B. (2021). Deskripsi kemampuan literasi numerasi siswa menggunakan polya ditinjau dari gender. Jurnal Sinektik, 4(2), 129-141. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6174
Zakia, R. C., Rahutami, R., & Delawanti, C. D. (2024). The Effectiveness Of E-Comic Media On Student Learning Outcomes To Comprehend Javanese Story Texts In 3rd Grade. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 10(2), 15-27. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v10i2.26001
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v11i1.31301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: [email protected]