PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIADINI

Solihin Solihin

Abstract


 Pengembangan moral, sosial, dan penanaman nilai-nilai agama merupakan salah satu aspek pengembangan anak usia dini yang menjadi tanggung jawab pendidikan. pengembangan program pendidikan seks memiliki kontribusi positif untuk mencapai tanggungjawab pendidikan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalsis pendidikan seks pada anak usia dini yang dirumuskan melalui kegiatan: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) penilaian; serta (4) masalah dan solusi pembelajaran seks. Untuk merumuskan kerangka konseptual dan menemukan data empiris sebagai landasan pengembangan program pendidikan seks pada anak usia dini, dilakukan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang berlokasi di TK Bina Anaprasa Melati Kwitang Jakarta.Teknik pengambilan data penelitian ini melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi dianalisis dengan cara reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan deskripsi dan analisis data hasil penelitian ditemukan bahwa; (1) perencanaan pembelajaran seks belum sepenuhnya disusun berdasarkan langkah-langkah pembuatan perencanaan; (2) pelaksanaan program pendidikan seks menggunakan pendekatan terpadu yang diorganisasikan melalui tema-tema pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada anak; (3) penilaian pembelajaran seks dilakukan selama proses berlangsung dan disusun menjadi laporan untuk orang tua dan dokumentasi untuk sekolah; dan (4) masalah dan solusi yang ditemukan pada penelitian ini adalah berkaitan dengan kompetensi guru, keragaman potensi anak, dan kerjasama dengan orang tua serta tokoh agama. Penelitian ini direkomendasikan kepada: (1) guru kelas, agar memperhatikan langkah-langkah pembuatan perencanaan pembelajaran seks secara komprehensif; (2) orang tua, yaitu agar menciptakan lingkungan rumah yang dapat membantu perkembangan seksualitas pada anak sebagai wujud kerjasama dengan pihak sekolah; (3) peneliti selanjutnya, agar dapat melakukan penelitian lanjutan dengan fokus pada salah satu kegiatan pendidikan seks atau mencari metode yang dapat memadukan antara pola asuh orang tua dengan bimbingan guru untuk pengembangan pembelajaran seks pada anak atau meneliti efektifitas media elektronik terhadap perkembangan seksualitas anak usia dini.

 

Key word: Pendidikan Seks, dan Anak Usia Dini

 

The Development Of Moral, Social, And Cultivation Of Religious Values Is One Aspect Of Early Childhood Development Is The Responsibility Of Education. Development Of Sex Education Programs Have A Positive Contribution To Achieving The Educational Responsibility. Therefore, This Study Aimed To Describe And Analyze  Sex Education In Early Childhood Are Formulated Through The Following Activities: (1) Planning; (2) Implementation; (3) Assessment; And (4) Problems And Learning Solutions Sex. To formulate the conceptual framework and find empirical data as a basis the development of sex education programs in early childhood, conducted a study using a qualitative approach with case study method which is located in TK Development Budget AnaprasaKwitangJakarta.Teknik this research data collection through observation, interviews and studies documentation was analyzed by means of data reduction, data display, conclusion and verification. Based on the description and analysis of research data found that; (1) sex lesson planning is not yet fully prepared on the steps of making planning; (2) the implementation of sex education programs using an integrated approach that is organized through the themes of learning to develop the cognitive, affective, and psychomotor in children; (3) sex learning assessment conducted throughout the process and compiled into a report for parents and documentation for schools; and (4) problems and solutions found in this study is related to the competence of teachers, the diversity of the potential of children and cooperation with parents and religious leaders. Thisresearchwas recommended to: (1) the classteacher, sopay attention tothe steps to createa comprehensivelearning plansex; (2) parent, which is tocreate a home environmentthat can helpthe development ofsexualityin childrenasa form of cooperationwith the school; (3) further research,in order toconductfurther researchwith a focus onone of the activitiesof sex educationorlooking formethods thatcancombineparenting parentswiththe guidance of teachersto developteachingsexto childrenorexaminethe effectiveness of theelectronic mediaon the development ofsexualityearly childhood

Keyword: Sex EducationandEarly Childhood


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id