MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATA PELAJARAN IPA

Arlin Farliani, Lukman Nulhakim, A Syachruroji

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah masih kurangnya penggunaan ilmu pengetahuan dan model pembelajaran dalam pembelajaran dukungan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk menentukan kegiatan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Prosedur ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (pengamatan), refleksi (mencerminkan). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kegiatan pengujian dan observasi guru dan siswa. Penggunaan siklus belajar model pembelajaran dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan di kelas IV SDN Cadasari 1 berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa dan kegiatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar penguasaan siswa pada siklus I (75%) untuk kategori "cukup" meningkat sebesar 6% pada siklus kedua menjadi (81%) dengan "baik" kategori. Pencapaian indikator aktivitas belajar siswa pada siklus I (68%) dengan kategori "cukup" meningkat sebesar 16% pada siklus II menjadi (84%) dengan "baik" kategori. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan siklus belajar model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan.

 

Kata kunci: model pembelajaran learning cycle, aktifitas belajar dan hasil belajar.

 

This research is motivated by the low learning outcomes is still a lack of the use of science and learning model in support students' learning. The purpose of this research is to improve student learning outcomes and to determine the students' learning activities using the learning model learning cycle. The method used in this research is a classroom action research method. The procedure is done in two cycles where each cycle consists of: planning (planning), implementation (acting), observation (observing), reflection (reflecting). Instrument collecting data in this study using the test and observation activities of teachers and students. The use of the learning model learning cycle in science subjects in grade IV SDN Cadasari 1 impact on improving student learning outcomes and activities. It can be seen from mastery learning outcomes of students in the first cycle (75%) to the category of "enough" increased by 6% in the second cycle becomes (81%) with a "good" category. The achievement of student learning activity indicator in the first cycle (68%) with the category of "enough" increased by 16% in the second cycle becomes (84%) with a "good" category. Based on the results of this study concluded that the use of the learning model learning cycle can improve learning outcomes and student activities in science subjects.

 

Keywords: learning model learning cycle, learning activities, learning outcomes.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id