ANALYSIS OF STUDENT LEARNING ACTIVITIES IN SCIENCE LEARNING USING INQUIRY MODEL BASED ON LOCAL WISDOM

Encep Andriana, Endang Widya Ningsih, Nana Hendracipta, Mudmainah Vitasari, Callista Aulina

Abstract


This research was aims to analyze the students’ learning activity based on local wisdom using inquiry model on science subjects. The type of this research is descriptive-quantitatve. The object of this research is the 4th grade students of SDN Banjar Agung 4 with the total of 29 students. The instrument used in this research is observation sheets of students’ learning activities. The final result of this study is an analysis of student learning activity indicators using a local-wisdom based learning model that has been developed previously that obtained the average score of student learning activities is 76.2% with “Good” category and the average score of learning implementation is 96% well implemented.

 

Keywords: local wisdom; inquiry model

Full Text:

PDF

References


Andriana, E; dkk. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. JPSD 3(2).

Arikunto, Suharsimi dan Safrudin. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmojo, Setyo Eko. 2013. Penerapaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan, 43(2).

Desstya, Anatri. 2015. Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS.

Dewi, Narni Lestari; dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurusan Pendidikan Dasar Ganesha 3(1).

Hamzah, M dan Nur Qomariyah Mahmudah. 2012. Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di MTs.Salafiyah Kota Cirebon. EduMa: Mathematics Education Learning And Teaching 1(2).

Hendracipta, N., dkk. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Srategi Inkuiri Dengan Strategi Ekspositori. JPSD, 3(1).

Hendracipta, N; dkk. 2017. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Di Sekolah Dasar. JPSD, 3(2).

Laksana, Dek Ngurah Laba dan Fransiska Wawe. 2015. Penggunaan Media Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 2(1).

Laksana, Laksana, Dek Ngurah Laba dan Katarina Rabu. 2015. Pembelajaran Kontekstual Berbantuan LKS Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Aktvitas Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2(1).

Martini, Eneng. 2018. Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2).

Nurmala, D.A., dkk. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDHIKSA 4(1).

Oktapyanto, Riyan Rosal Yosma. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar. JPSD, 2(1).

Purwanto. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramdani, Emi. 2018. Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Trinova, Zulvia. 2012. Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim, 3(1).

Ulandari, N; dkk. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Wuryandari, Wuri. 2010. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasar. Proceding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNY (1-10).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v6i1.7289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: jpsd@untirta.ac.id