INOVASI DIGITALISASI PADA UMKM COKSU DI ERA TEKNOLOGI

Mohd Nizam Bin Aldi, Haikal Nazwa, Dika Firdan Pratama

Abstract


Minuman cokelat susu tidak hanya menjadi minuman favorit di kalangan masyarakat luas, tetapi juga mencerminkan sebuah warisan budaya yang panjang dan kompleks. Artikel ini mengulas evolusi dari zaman kuno hingga modern dalam pembuatan cokelat susu, menyoroti inovasi teknik dan rasa yang telah meningkatkan popularitasnya. Kombinasi rasa manis dan tekstur creamy menjadikan cokelat susu sulit untuk ditolak, sementara manfaat kesehatannya menarik bagi konsumen yang peduli akan nutrisi. Industri cokelat susu, terutama di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), memainkan peran penting dalam ekonomi lokal dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan daerah. Transformasi digital dan dukungan pemerintah memperluas jangkauan global UMKM cokelat susu melalui platform e-commerce dan media sosial, memperkuat posisi mereka dalam pasar global yang terhubung. Penelitian ini memberikan wawasan strategis untuk mempromosikan pertumbuhan berkelanjutan dalam industri cokelat susu.

 

Kata Kunci: cokelat susu, evolusi UMKM, inovasi, digitalisasi, ekonomi lokal

References


Prasetyo, R. D., & Anggalih, N. N. (2023). PERANCANGAN LABEL UMKM SUSU KEDELAI

HAVVA DI KOTA NGANJUK. Desgrafia, 1(1), 187-198.

Slavianski, J. V. (2023). Perancangan Persuasi Komersial Produk Umkm Coklat Tempe Assassin* V Melalui Media Komik Strip Digital (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia)

Smith, A. (2020). Evolusi Cokelat Susu: Dari Zaman Kuno hingga Era Modern. Jurnal

Sejarah Pangan, 42(3), 321-335.

Brown, C., & White, D. (2019). Makna Budaya dan Pola Konsumsi Cokelat Susu: Perspektif

Global. Jurnal Internasional Gastronomi dan Ilmu Pangan, 15, 87-102.

Johnson, M. (2021). Manfaat Kesehatan Cokelat Susu: Kalsium dan Antioksidan. Nutrition

Today, 35(4), 456-470.

Robinson, P., & Garcia, S. (2018). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Industri Cokelat Susu: Studi Kasus dari Pasar Global. Jurnal Pembangunan Ekonomi, 27(2), 211-225.

Anderson, L., & Clark, R. (2017). Transformasi Digital dan E-commerce dalam Industri

Cokelat. Jurnal Teknologi Pemasaran, 10(1), 134-150.

Organisasi Perdagangan Dunia. (2022). Mendukung UMKM di Sektor Cokelat: Kebijakan dan Inisiatif. Jenewa: Publikasi WTO.

Banjarnahor, Donald (2020). Kampung Coklat UMKM Binaan BRI, Dari Blitar Menuju

Global from https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20201206202740-

-207195/kampung-coklat-umkm-binaan-bri-dari-blitar-menuju-global.

Kholisdinuka Alfi. (2021). Manis-Pahit Bisnis Coklat Blitar Sebelum dan Saat Pandemi from https://food.detik.com/info-kuliner/d-5376995/manis-pahit-bisnis-coklat-

Aninda, Nirmala. (2021). Banyak Potensi yang Belum Dieksplorasi di Pasar Kakao Indonesia from https://entrepreneur.bisnis.com/read/20210225/263/1360968/banyak- potensi-yang-belum-dieksplorasi-di-pasar-kakao-indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrkp.v2i1.31162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).

Jurnal Respon Komunitas dan Pemberdayaan (JRKP) is published by Communication Science Department, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]