Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Awareness UMKM Kafe Simpel

Ananda Hafid Harun, Damar Andika Putra Kartika Aji, Rafif Hamzah

Abstract


Pendampingan terhadap UMKM seperti kafe sederhana merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar UMKM memahami pemasaran yang dilakukannya. Karena tidak dapat dipungkiri masih banyak UMKM kecil yang kalah dengan UMKM lainnya, salah satu faktornya adalah pemasaran. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus permasalahan adalah kurangnya pengetahuan UMKM mengenai pemasaran digital sehingga berujung pada tujuan pembinaan UMKM melalui peran media sosial dalam meningkatkan awareness. Hasil penelitian layanan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan brand kafe sederhana. Dengan menghadirkan beberapa inovasi seperti pemasaran melalui media sosial diharapkan dapat membantu UMKM kafe sederhana itu sendiri.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Awareness, UMKM.

References


JurnalBukitPengharapan. (2021). Analisis swot pt Sumo advertising.

https://doi.org/10.31219/osf.io/eam7g

Makkulau, A. (2018). Analisis strategi bisnis dalam meningkatkan market share dengan menggunakan pendekatan analisis business model canvas (Bmc) Dan swot analysis pada pt semen tonasa. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 14(2). https://doi.org/10.26487/jbmi.v14i2.3304

Hijriyah, H. H., & Lutfiah, H. (2023). Analisis BMC Usaha jambu Kristal Di Desa Suci Kecamatan

Panti Kabupaten Jember. Kubis, 3(2), 208-226. https://doi.org/10.56013/kub.v3i2.2350

Ngurah, G., Wiswasta, A., Ayu, G., Agung, A., & Made Tamba, I. (2018). Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Model, Strategi, Dan Pengembangan Usaha). www.unmas.ac.id

Nito Amalia. (2020). RINTISAN.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrkp.v2i1.31164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).

Jurnal Respon Komunitas dan Pemberdayaan (JRKP) is published by Communication Science Department, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]