Implementasi Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Nadagiftsouvenir
Abstract
Digital marketing telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran modern di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang pesat. Perubahan pola konsumsi dan perilaku konsumen yang semakin bergantung pada internet telah mendorong pelaku usaha terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menerapkan digital marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Pada kegiatan ini dilakukannya pelatihan digital marketing kepada usaha souvenir dan gift yaitu Nadagiftsouvenir dengan tujuan untuk mengedukasi serta memotivasi pelaku usaha agar memanfaatkan peluang pemasaran usaha yang lebih efektif melalui digital marketing. Strategi yang digunakan untuk melakukan pelatihan ini yaitu menggunakan media sebagai penyampaian pesan atau materi-materi terkait digital marketing dan praktek langsung seperti pelatihan penggunaan social media yang tepat, pelatihan pengambilan foto produk dan katalog produk yang menarik kepada pelaku usaha.
Kata Kunci: strategi, usaha, digital marketing
References
Dhina, M. A., Wardana, Y. A., Rahmaniah, S. O., Fitriani, H., Agustian, S. W., Sapaat, R., Nugraha, R., Syahrulrohid, S., Mustopa, R., Pradita, R., & Hakim, N. (2023).
Implementasi Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk
Bagi Umkm Di Desa Dukuh. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Babakti, 2(2),
–97. https://doi.org/10.53675/babakti.v2i2.836
Nursatyo, N., & Rosliani, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430
Sadikin, A., Komar, O., & Sukmana, C. (2021). Implementasi Pelatihan Berbasis Gidital
Mareketing dalam meningkatkan Motivasi Berwirausaha bagi Pelaku UMKM Kota
Cimahi. Abdimas Siliwangi, 14(01), 13–26.
Tahir, R., Harto, B., Rukmana, A. Y., Subekti, R., Waty, E., Situru, A. C., & Sepriano. (2023).
Transformasi Bisnis di Era Digital (Teknologi Informasi dalam Mendukung
Transformasi Bisnis di Era Digital). In Sonpedia Publishing (Issue August).
Davies. (1976). Objective In Design Curriculum England. Maiden Head.
Kamil, M. (2003). Model-Model Pelatihan. Tidak diterbitkan. Sudjana, D. (2001). Pendidikan Luar Sekolah. Falah Production.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrkp.v2i1.31165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Common License | Journal Publisher | Publisher Address |
---|---|---|
![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). | Jurnal Respon Komunitas dan Pemberdayaan (JRKP) is published by Communication Science Department, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University | Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. |