STRATEGI DAKWAH MARKETING SEBAGAI BRANDING UWAIS HIJAB

Ayu Fazilla, Andin Nesia, Ari Pandu Witantra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merek pakaian muslim Uwais Hijab yang membangun pembeda dirinya dengan merek sejenis atau kompetitor dalam konten instagramnya. Ini selaras dengan konsep branding dalam aspek membangun pembeda dari pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah marketing sebagai Branding Uwais Hijab pada instagram berdasarkan konsep branding McNally dan Speak.  penelitian ini  menggunakan metode  studi  kasus  dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari  penelitian ini  dapat  disimpulkan bahwa Uwais Hijab berusaha untuk membentuk ciri khas/Branding sebagai merek yang Wasilah(media dakwah). Uwais memproduksi isi konten   yang   mengandung   pesan   dakwah   secara   tersirat   dengan visualisasi maupun pesan edukasi dakwah secara terang-terangan. Dakwah tersirat adalah melalui visualisasi foto produk model muslimah yang menutupi bagian wajahnya mengisyaratkan wanita adalah makhluk pemalu,  anggun,  dan  mau  menjaga  kecantikannya  demi  menghindari dosa zina mata bagi para yang bukan mahram, menutup pergelangan tangan yang merupakan aurat dan tidak menggunakan musik pada konten.

References


Alo liliweri, 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta: Prenada Media Group.

Aziz, Moh Ali. 2019. Ilmu Dakwah: Edisi Revisi. Prenada Media.

Barnard, M. 2003. Fashion as Communication (2nd ed.). Routledge.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Efrida, S., & Diniati, A. (2020). Pemanfaatan fitur media sosial Instagram dalam membangun branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 57. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23365

Framanik, N. 2020. TEORI-TEORI KOMUNIKATOR, Banten: Desanta Muliavisitama.

Hatimah, H., & Kurniawan, R. (2018). Dakwah Melalui Bimbingan Konseling Islam. Jurnal Al-Qardh,2(1), 1–11.

Kurniasari, P. (2015). Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Pemasaran Fashion Muslim Merek Dian Pelangi Melalui Media Sosial sebagai Branding.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I, Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip- prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Latif, A., Setiawan, A., Rizki, A., Avdel,) ;, Fananta, M., Kausar, ; M, & Nurdin, ) ; (2022). H U M A N I S Pengembangan Keahlian Digital Marketing Sebagai Upaya Dalam Penerapan Branding pada Era Digital. 02(2), 195–203. http://www.openjournal.unpam.ac.i d/index.php/SNH

McNally, D., & Speak, K. D. 2002. Be Your Own Merek: A breakthrough formula for standing out from the crowd. Berrett-Koehler.

Moriarty, Sandra, dkk. (2009). Advertising, Edisi Kedelapan. Jakarta: Kencanam PrenadaMedia Group.

Munir, Muhammad. 2021. Manajemen dakwah. Prenada Media.

Nurjuman, H., Septapriana, R. Y., Fajri, M. D., & Anshori, Y. T. (2022). Branding Da’i Muhammadiyah: Studi Komparatif pada Ustadz Alfian Tanjung dan Ustadz Muhammad Ziyad. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 184–193.

Saputra, Wahidin. 2011Pengantar Ilmu Dakwah Edisi I. Cet I. Jakarta: RajawaliPers.

Silviana. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Sosial Media (Studi Kasus Di Kecamatan Bone- Bone) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo). 1–48. http://repository.umpalopo.ac.id/329/

Tarigan.S & Sanjaya.R, 2009. Creative Digital Marketing, Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

       Vol. 1 No. 1 2023         Vol. 1 No. 2 2023 

        Vol. 2 No. 1 2024


 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi Terapan is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats