Fenomena Cancel Culture pada Film Budi Pekerti (Analisis Semiotika Model Roland Barthes)
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi fenomena cancel culture yang digambarkan dalam film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja, yang menggambarkan bagaimana cancel culture dapat memengaruhi individu dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam adegan-adegan tertentu dalam film. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Roland Barthes, yang mencakup tiga lapisan analisis: denotasi sebagai makna literal, konotasi sebagai asosiasi simbolik, dan mitos sebagai ideologi tersembunyi. Data dikumpulkan melalui observasi adegan, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara denotatif, cancel culture direpresentasikan melalui tindakan konkret seperti penyebaran video viral, kecaman publik, dan isolasi sosial terhadap karakter utama, yang menggambarkan tekanan sosial secara langsung. Secara konotatif, adegan-adegan tersebut mengandung asosiasi simbolik tentang ketidakadilan dan stigma sosial yang dapat menghancurkan reputasi dan kehidupan seseorang. Pada lapisan mitos, film ini mengungkapkan ideologi tentang peran media sosial sebagai alat kontrol sosial yang memperkuat hierarki moral masyarakat, sekaligus menyoroti kontradiksi dalam nilai-nilai moralitas kolektif.
Kata Kunci :
Semiotika, Film, Cancel Culture, Moralitas Sosial
Full Text:
130-143 PDF (Indonesian)References
Adhi, K., & Khoiro. Ahmad Mustamil. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Agus, S. (2006). Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana.
Alfredo Kevin. (2023). Analisis Fenomena Cancel Culture dalam Etika “Klik” Manusia di Era Digital Menurut F. Budi Hardiman. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 197–203. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i2.1930
Arikunto, Suharsimi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Ausat, A. M. A. (2023). The Role of Social Media in Shaping Public Opinion and Its Influence on Economic Decisions. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(1), 35–44. https://doi.org/10.61100/tacit.v1i1.37
Bouvier, G. , & M. D. (2021). What gets lost in Twitter ‘cancel culture’ hashtags? Calling out racists reveals some limitations of social justice campaigns. Discourse and Society, 307–327. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0957926520977215
Bunga Altamira, M., & Gemala Movementi, S. (2023). Fenomena Cancel Culture Di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. In Jurnal Vokasi Indonesia (Vol. 10, Issue 1). https://scholarhub.ui.ac.id/jviAvailableat:https://scholarhub.ui.ac.id/jvi/vol10/iss1/5
Chiou, R. (2020). We Need Deeper Understanding About the Neurocognitive Mechanisms of Moral Righteousness in an Era of Online Vigilantism and Cancel Culture. AJOB Neuroscience, 297–299. https://doi.org/10.1080/21507740.2020.1830872
Clark, M. D. (2020). DRAG THEM: A Brief Etymology of so-Called “Cancel Culture.” Communication and the Public, 88–95.
Fatimah. (2020). Iklan Layanan Masyarakat (Ilm).
Ganefi, G., & Hatikasari, S. (2022). The Impact of Covid-19 Outbreak on Banking Policies in Indonesia. Jurnal Scientia Indonesia, 8(1), 1–36. https://doi.org/10.15294/jsi.v8i1.35944
Hadari, N. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajahmada University Press.
Haskell, S. (2021). Cancel Culture: A Qualitative Analysis Of The Social Media Practice Of Canceling.
Hoed, B. (2011). Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya. Komunitas Bambu.
Ikbal, A. F. H. (2019). 2019-ACeng Fuad Hasim Ikbal-2015.
Imani, F. A., Kusmawati, A., Moh, H., & Tohari, A. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media. In Journal of Social Work and Social Services (Vol. 2, Issue 1).
Jaafar, G. B., & Herna, H. (2023). The Impact of Media in Cancel Culture Phenomenon. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 8(2), 382–390. https://doi.org/10.25008/jkiski.v8i2.893
Janssens, J., & Spreeuwenberg, L. (2022). The Moral Implications of Cancel Culture. Ethical Perspectives, 29(1), 89–114. https://doi.org/10.2143/EP.29.1.3290737
Mae, E., Bermas, S., & Mabulay, E. P. (2023). Cancel Culture: How Social Influence Affects the Judgment of Individuals on Social Media issues A Journal Analysis presented as a final requirement for Social Psychology SOCP311. https://www.researchgate.net/publication/376586590
Menolak Lupa, Ini Kasus Saipul Jamil Hingga Muncul Petisi Boikot. (2021, September 5). DetikNews. Diakses pada 17 Mei 2024 dari https://news.detik.com/berita/d-5710980/menolak-lupa-ini-kasus-saipul-jamil-hingga-muncul-petisi-boikot?single=1
Milles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Morrisan, A. (2017). Yayasan Obor Indonesia. Kencana.
Mudjiyanto, B., Nur, E., & Abdurrahman Basalama, J. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi Semiotics In Research Method of Communication. In Informatika dan Media Massa t PEKOMMAS (Vol. 16, Issue 1).
Ng, E. (2022). Cancel Culture: A Critical Analysis. In Cancel Culture: A Critical Analysis. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-97374-2
Nguyen, B. (2020). Cancel Culture on Twitter: The Effects of Information Source and Messaging on Post Shareability and Perceptions of Corporate Greenwashing [University of Pennsylvania]. https://repository.upenn.edu/wharton_researc h_scholars/197/
Pangaribuan, T. (2004). Paradigma Bahasa.
Patton, M. Q. (2006). Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar.
Prabawati, A. (2013). Awas Internet Jahat Mengintai Anak Anda.
Ratna. (2015). Konsep Pendidikan Moral Menurut Al-Gazali dan Émile Durkheim. Jurnal Lentera Pendidikan, 18(1).
Rulianto, A. (2015). Kekuatan Dahsyat Film: Budaya dan Ekonomi. Mutila.Co. http://www.muvila.com/film/artikel/kekuatan-dahsyat-film-budaya-dan-ekonomi-150907p.html
Rusli, M. (n.d.). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.
Smith, P. K., & Steffgen, G. (2013). Cyberbullying through the new media: Findings from an international network. Psychology Press.
Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. ALFABETA.
Sukardi, I. dkk. (2003). Pilar Islam bagi Pluralisme Modern. Tiga Serangkai.
Thiele, M. (2021). Political correctness and Cancel Culture – a question of power! https://doi.org/10.1453/2569-152X-12021-11282-en
Velasco, J. C. (2021). You are cancelled: Virtual collective consciousness and the emergence of cancel culture as ideological purging. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 12(5). https://doi.org/10.21659/RUPKATHA.V12N5.RIOC1S21N2
Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Penerbit Ghalia Indonesia.
Vogels, E. A., Perrin, A., Auxier, B., Mcclain, C., Anderson, M., Porteus, M., Baronavski, C., Atske, S., & Ramshankar, M. (2021). Americans and ‘Cancel Culture’: Where Some See Calls for Accountability, Others See Censorship, Punishment. https://www.pewresearch.org/internet/2021/05/19/americans-and-cancel-culture-where-some-see-calls-for-accountability-others-see-censorship-punishment/
Wibowo. (2013). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Mitra Wacana Media.
Wregas Bhanuteja. (2023). Budi Pekerti [Video recording]. Netflix.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.