STEREOTIP PEREMPUAN PEKERJA RUMAH TANGGA DALAM VIDEO “PEMBANTU ZAMAN OLD VS PEMBANTU ZAMAN NOW

Nuria Astagini

Abstract


Pekerja Rumah Tangga (PRT) merupakan tenaga kerja yang bertugas untuk menyelesaikan berbagai tugas rumah tangga. Sebagian besar dari mereka adalah perempuan yang berasal dari kawasan pedesaan dengan kondisi ekonomi dan tingkat pendidikan yang rendah. Oleh karena itu muncul berbagai stereotip negatif terhadap perempuan yang berprofesi sebagai PRT. Stereotip ini kemudian dilanggengkan melalui berbagai media termasuk media sosial. Salah satu media sosial yang menampilkan stereotip perempuan PRT adalah “Pembantu jaman old vs Pembantu jaman now” yang diunggah pada media sosial Youtube. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis stereotip perempuan PRT yang direpresentasikan pada video “Pembantu jaman old vs Pembantu jaman now” Penelitian ini menggunakan metode semiotika dari Roland Barthes untuk menganalisis adegan-adegan yang menampilkan sosok perempuan PRT. Terdapat representasi pada PRT masa lalu (zaman old) yang memiliki stereotip sebagai perempuan yang inferior, pasrah dan selalu menuruti pengguna jasa. Sedangkan PRT masa kini (zaman now) mendapatkan stereotip sebagai perempuan yang genit, malas bekerja, suka bergunjing, dan tidak takut terhadap pengguna jasa. Video ini menampilkan ideologi yang mengukuhkan PRT sebagai pihak yang tidak setara dan bertugas untuk melayani pengguna jasa. Oleh karena itu, PRT masa lalu direpresentasikan memiliki hal-hal yang positif dibandingkan PRT masa kini yang sudah memahami hak mereka sebagai pekerja.


Keywords


stereotip; perempuan; PRT; media sosial; semiotika

Full Text:

PDF (1-21)


DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v3i1.10712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.