Strategi Penggunaan Media SMK Teknologi Pilar Bangsa Dalam Mempromosikan Sekolah Dan Menarik Minat Siswa-Siswi Baru
Abstract
Persaingan usaha dibidang pendidikan, setiap pihak berlomba untuk menggunakan bentuk media sebagai strategi yang dinilai dapat dijadikan daya tarik dalam memenangkan persaingan terhadap setiap kompetitornya khusunya pada SMK Teknologi Pilar Bangsa. Saat ini SMK Teknologi Pilar Bangsa menggunakan media cetak dan media elektonik dalam memberikan informasi dan promosi yang up to date. Agar promosi berjalan sesuai target tentunya menyampaikan pesan-pesan persuasif yang terpadat dalam media cetak dan media elektronik tersebut yang terdiri dari profile sekolah, fasilitas, prestasi, jurusan, ekstrakulikuler dan lain-lain sehingga dapat menjadi daya tarik yang efektif bagi calon siswa-siswi baru dan masyarakat untuk bergabung di SMK Teknologi Pilar Bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi penggunaan media SMK Teknologi Pilar Bangsa dalam mempromosikan sekolah dan menarik minat calon siswa-siswi baru. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif tujuan deskriptif untuk menjelaskan Strategi Penggunaan Media SMK Teknologi Pilar Bangsa Dalam Mempromosikan Sekolah dan Menarik Calon Siswa-Siswi Baru. Peneliti melakukan observasi dan wawancara di SMK Teknologi Pilar Bangsa. Wawancara dilakukan dengan key informan dan beberapa informan dari SMK Teknologi Pilar Bangsa. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu isi pesan-pesan persuasif dalam strategi penggunaan media SMK Teknologi Pilar Bangsa untuk menarik minat calon siswa-siswi. Kata kunci : Media cetak, media elektronik, promosi.
Keywords
Full Text:
PDF 74-84References
Ardianto, Elvinaro. 2016. Handbook Of
Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Cangara. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi.
Jakarta: Rajawali Pers.
Cangara. 2013. Perencanaan & Strategi
Komunikasi. Jakarta: PT.Raja
Grafindo Persada.
Danumiharja, Mintarsih. 2014. Profesi
Tenaga Kependidikan. Yogyakarta :
Deepublish.
Desrianti, Dewi Immaniar. Sudaryono. Dwi Ayu Ningrum. 2014. Enriching
Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Bookstore. Tangerang: STMIK Raharja. Jurnal CCIT Vol. 7 No. 3:425.
Devito. Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan:
KARISMA Publishing Group.
Efendy, Onong Uchana. 2017. Dinamika
Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Efendy, Onong Uchana. 2017. Ilmu
Komunikasi Teori dan Praktek.
Bandung: Remaja Rosda Karya.
Encyclopedia of Communication Theory.
Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Alat Analisa Data: Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Yogyakarta: Andi.
Ghony, M Djunadi dan Fauzan Almanshur.
Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jaenal, Arifin. 2013. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusuma, Muhamad Halim. 2016. Strategi Pemasaran Penerimaan Peserta Didik Baru Di Smk Muhammadiyah 2
Jatinom Klaten. Surakarta:
Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Lamb. Hair. McDaniel. 2001. Pemasaran.
Buku 1 Penerjemah David Octarevia.
Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Liliweri. 2016. Teori Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Nusa Media.
Ma’ruf. 2017. Pengembangan Media
Promosi Smk Untuk Meningkatkan
Pemahaman Siswa Smp Terhadap
Kompetensi Keahlian Yang Ada Di
Smk. Makasar: Universitas Negeri
Makasar.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Nurudin. 2016. Ilmu Komunikasi Ilmiah
dan Komputer. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Permana, Aan Agus Jiwa. Ni Ketut Kertiasih. I Putu Budhayasa. 2017. Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi
Program Studi Manajemen
Informatika. Jurnal Sains &
Teknologi Vol. 6 No. 2. Bali:
Universitas Pendidikan Ganesha.
Rajni, Ms. S. K. Modi. B. B. Singla. 2015. An Empirical Study On Product Promotion On Social Networking Sites: A Review. India: Punjabi University. International Journal In Applied Studies And Production Management Vol. 1 No. 2:142.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus
Intergrated Marketing
Communication. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Ritongga, M Jamiluddin. 2007. Tipologi Pesan Persuasif. Jakarta: PT. Indeks.
Riyadi, Meinar Aji. 2016. Teknik
Komunikasi Persuasif dalam Membangun Motivasi Belajar Anak (Study Deskriptif Kualitatif pada Pendamping Anak Asuh di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta). Yogyakarta: UIN Yogyakarta.
Saadah, Nurbaeti. 2019. Analisis
Implementasi Strategi Komunikasi
Pemasaran Dalam Meningkatkan
Jumlah Siswa Di Smk Mahaputra
Kabupaten Bandung. Bandung:
Universitas Pasundan.
Saepuloh, Moch Rizki. 2017. Strategi
Komunikasi Pemasaran Sekolah
Melalui Website Online Dalam
Kegiatan Penerimaan Peserta Didik
Baru. Bandung: Universitas
Pasundan.
Sastrinawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta. Deepublish.
Soemirat, Soleh dan Asep Suryana. 2017.
Komunikasi Persuasif. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suherman, Usep Dede. 2017. Kajian
Terhadap Integrated Marketing
Communication Sebagai Strategi
Komunikasi Pemasaran. Jurnal
SMART – Studi & Management
Research Vol. XIV No. 3. Bandung:
STIE Stembie.
Sunarya, Lusyani. Po. Abas Sunarya.
Jasmine Dara Assyifa. 2015.
Keefektifan Media Komunikasi
Visual Sebagai Penunjang Promosi
Pada Perguruan Tinggi Raharja.
Jurnal CCIT Vol. 9 No.1. Tangerang:
STMIK Raharja.
Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian
Kualitatif di Bidang Pendidikan. Teori
Dan Aplikasinya. Malang:
Bayumedia Publishing.
Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik
Penyusunan Instrumen Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus Desain &
Metode. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v3i2.12414
Refbacks
- There are currently no refbacks.