Strategi Penggunaan Media SMK Teknologi Pilar Bangsa Dalam Mempromosikan Sekolah Dan Menarik Minat Siswa-Siswi Baru

Erwana Amarulloh Sunarya, Erman Anom

Abstract


Persaingan usaha dibidang pendidikan, setiap pihak berlomba untuk menggunakan bentuk media sebagai strategi yang dinilai dapat dijadikan daya tarik dalam memenangkan persaingan terhadap setiap kompetitornya khusunya pada SMK Teknologi Pilar Bangsa. Saat ini SMK Teknologi Pilar Bangsa menggunakan media cetak dan media elektonik dalam memberikan informasi dan promosi yang up to date. Agar promosi berjalan sesuai target tentunya menyampaikan pesan-pesan persuasif yang terpadat dalam media cetak dan media elektronik tersebut yang terdiri dari profile sekolah, fasilitas, prestasi, jurusan, ekstrakulikuler dan lain-lain sehingga dapat menjadi daya tarik yang efektif bagi calon siswa-siswi baru dan masyarakat untuk bergabung di SMK Teknologi Pilar Bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi penggunaan media SMK Teknologi Pilar Bangsa dalam mempromosikan sekolah dan menarik minat calon siswa-siswi baru. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif tujuan deskriptif untuk menjelaskan Strategi Penggunaan Media SMK Teknologi Pilar Bangsa Dalam Mempromosikan Sekolah dan Menarik Calon Siswa-Siswi Baru. Peneliti melakukan observasi dan wawancara di SMK Teknologi Pilar Bangsa. Wawancara dilakukan dengan key informan dan beberapa informan dari SMK Teknologi Pilar Bangsa. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu isi pesan-pesan persuasif dalam strategi penggunaan media SMK Teknologi Pilar Bangsa untuk menarik minat calon siswa-siswi. Kata kunci : Media cetak, media elektronik, promosi.


Keywords


Komunikasi Promosi, Penggunaan Media Teknologi

Full Text:

PDF 74-84

References


Ardianto, Elvinaro. 2016. Handbook Of

Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cangara. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi.

Jakarta: Rajawali Pers.

Cangara. 2013. Perencanaan & Strategi

Komunikasi. Jakarta: PT.Raja

Grafindo Persada.

Danumiharja, Mintarsih. 2014. Profesi

Tenaga Kependidikan. Yogyakarta :

Deepublish.

Desrianti, Dewi Immaniar. Sudaryono. Dwi Ayu Ningrum. 2014. Enriching

Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Bookstore. Tangerang: STMIK Raharja. Jurnal CCIT Vol. 7 No. 3:425.

Devito. Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan:

KARISMA Publishing Group.

Efendy, Onong Uchana. 2017. Dinamika

Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Efendy, Onong Uchana. 2017. Ilmu

Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Encyclopedia of Communication Theory.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Alat Analisa Data: Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Yogyakarta: Andi.

Ghony, M Djunadi dan Fauzan Almanshur.

Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jaenal, Arifin. 2013. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusuma, Muhamad Halim. 2016. Strategi Pemasaran Penerimaan Peserta Didik Baru Di Smk Muhammadiyah 2

Jatinom Klaten. Surakarta:

Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

Lamb. Hair. McDaniel. 2001. Pemasaran.

Buku 1 Penerjemah David Octarevia.

Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Liliweri. 2016. Teori Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Nusa Media.

Ma’ruf. 2017. Pengembangan Media

Promosi Smk Untuk Meningkatkan

Pemahaman Siswa Smp Terhadap

Kompetensi Keahlian Yang Ada Di

Smk. Makasar: Universitas Negeri

Makasar.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2016. Ilmu Komunikasi Ilmiah

dan Komputer. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Permana, Aan Agus Jiwa. Ni Ketut Kertiasih. I Putu Budhayasa. 2017. Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi

Program Studi Manajemen

Informatika. Jurnal Sains &

Teknologi Vol. 6 No. 2. Bali:

Universitas Pendidikan Ganesha.

Rajni, Ms. S. K. Modi. B. B. Singla. 2015. An Empirical Study On Product Promotion On Social Networking Sites: A Review. India: Punjabi University. International Journal In Applied Studies And Production Management Vol. 1 No. 2:142.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus

Intergrated Marketing

Communication. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Ritongga, M Jamiluddin. 2007. Tipologi Pesan Persuasif. Jakarta: PT. Indeks.

Riyadi, Meinar Aji. 2016. Teknik

Komunikasi Persuasif dalam Membangun Motivasi Belajar Anak (Study Deskriptif Kualitatif pada Pendamping Anak Asuh di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta). Yogyakarta: UIN Yogyakarta.

Saadah, Nurbaeti. 2019. Analisis

Implementasi Strategi Komunikasi

Pemasaran Dalam Meningkatkan

Jumlah Siswa Di Smk Mahaputra

Kabupaten Bandung. Bandung:

Universitas Pasundan.

Saepuloh, Moch Rizki. 2017. Strategi

Komunikasi Pemasaran Sekolah

Melalui Website Online Dalam

Kegiatan Penerimaan Peserta Didik

Baru. Bandung: Universitas

Pasundan.

Sastrinawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta. Deepublish.

Soemirat, Soleh dan Asep Suryana. 2017.

Komunikasi Persuasif. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suherman, Usep Dede. 2017. Kajian

Terhadap Integrated Marketing

Communication Sebagai Strategi

Komunikasi Pemasaran. Jurnal

SMART – Studi & Management

Research Vol. XIV No. 3. Bandung:

STIE Stembie.

Sunarya, Lusyani. Po. Abas Sunarya.

Jasmine Dara Assyifa. 2015.

Keefektifan Media Komunikasi

Visual Sebagai Penunjang Promosi

Pada Perguruan Tinggi Raharja.

Jurnal CCIT Vol. 9 No.1. Tangerang:

STMIK Raharja.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian

Kualitatif di Bidang Pendidikan. Teori

Dan Aplikasinya. Malang:

Bayumedia Publishing.

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik

Penyusunan Instrumen Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus Desain &

Metode. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v3i2.12414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.