Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Burger King Versi “Pesanlah dari McDonald’s”

Regita Nur Safitri, Muhammad Ruslan Ramli, Ballian Siregar

Abstract


Kajian ini membahas tentang iklan Burger King versi “Pesanlah dari McDonald’s” yang tayang pada Media Sosial Instagram @BurgerKing.id. Iklan yang rilis pada November 2020 ini menggabungkan kekuatan visual dan teks. Daya tarik pesannya ini ada pada ajakan membeli produk kepada publik Burger King. Kepada publik, Burger King justru mendorong pembelian kepada pesaing utamanya yaitu McDonald’s. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna di balik iklan tersebut dengan menggunakan semiotika model Roland Barthes.  Pendekatannya memakai kualitatif-deskriptif untuk menjelaskan makna pesan melalui tiga tahapan yang ditawarkan oleh Barthes yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna denotasi iklan Burger King Versi “Pesanlah dari McDonald’s sebagai ajakan normatif Burger King kepada public untuk membeli produk McDonald’s. Makna konotasinya mengandung arti adanya kompetisi alot antara Burger King dan McDonald’s pada produk yang sama. Sedangkan mitosnya bermakna terjaganya tradisi persaingan yang turun temurun Burger King dan McDonald’s.


Keywords


Burger King advertisment, social media, semiotics

Full Text:

PDF 120-131

References


Danesi, Marcel. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra

Fiske, John. (1990). Introduction to Communication Studies. Bandung: Jalasutra

Harsono, A. (2011). Agama Saya Ialah Jurnalisme. Jakarta: Kandalamanus

Kusrianto, Adi. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi

Moleong, Lexi J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia

Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

-------- (2016). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suryawati, Indah. (2011). Jurnalistik Suatu Pengantar Teori dan Praktik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Tjiptono, Fandy. (2016). Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Skripsi

Dianti, Neni. (2015). Gaya Hidup Hedonisme dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Magnum Versi Pink and Black dan Versi Raisa Hangout

Jurnal

Andrian dan Ruslan Ramli. (2020). Analisis Semiotika Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 9 – 15 Maret 2020. Jurnal Komunikologi. Volume 17 (2). hal 59-70

Mahendra. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi. Volume 16 (1). hal 151 – 160.

Internet

www.bk.com




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v3i2.12440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.