Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Burger King Versi “Pesanlah dari McDonald’s”
Abstract
Kajian ini membahas tentang iklan Burger King versi “Pesanlah dari McDonald’s” yang tayang pada Media Sosial Instagram @BurgerKing.id. Iklan yang rilis pada November 2020 ini menggabungkan kekuatan visual dan teks. Daya tarik pesannya ini ada pada ajakan membeli produk kepada publik Burger King. Kepada publik, Burger King justru mendorong pembelian kepada pesaing utamanya yaitu McDonald’s. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna di balik iklan tersebut dengan menggunakan semiotika model Roland Barthes. Pendekatannya memakai kualitatif-deskriptif untuk menjelaskan makna pesan melalui tiga tahapan yang ditawarkan oleh Barthes yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna denotasi iklan Burger King Versi “Pesanlah dari McDonald’s sebagai ajakan normatif Burger King kepada public untuk membeli produk McDonald’s. Makna konotasinya mengandung arti adanya kompetisi alot antara Burger King dan McDonald’s pada produk yang sama. Sedangkan mitosnya bermakna terjaganya tradisi persaingan yang turun temurun Burger King dan McDonald’s.
Keywords
Full Text:
PDF 120-131References
Danesi, Marcel. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra
Fiske, John. (1990). Introduction to Communication Studies. Bandung: Jalasutra
Harsono, A. (2011). Agama Saya Ialah Jurnalisme. Jakarta: Kandalamanus
Kusrianto, Adi. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi
Moleong, Lexi J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia
Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
-------- (2016). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suryawati, Indah. (2011). Jurnalistik Suatu Pengantar Teori dan Praktik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Tjiptono, Fandy. (2016). Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Skripsi
Dianti, Neni. (2015). Gaya Hidup Hedonisme dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Magnum Versi Pink and Black dan Versi Raisa Hangout
Jurnal
Andrian dan Ruslan Ramli. (2020). Analisis Semiotika Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 9 – 15 Maret 2020. Jurnal Komunikologi. Volume 17 (2). hal 59-70
Mahendra. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi. Volume 16 (1). hal 151 – 160.
Internet
www.bk.com
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v3i2.12440
Refbacks
- There are currently no refbacks.