Diseminasi Media Komunikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada LTMPT Provinsi Banten

Adhitya Angga Pratama, Ahmad Sihabudin, Ail Muldi

Abstract


Peran dan fungsi diseminasi sistem penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri yang dilakukan oleh LTMPT terasa sangat penting. Informasi yang dinamis setiap tahunnya lewat kebijakan LTMPT harus terdiseminasi dengan baik dan mampu diterima oleh masyarakat luas yang memerlukan informasi tersebut.

Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut yaitu sejauh mana efektivitas media komunikasi diseminasi sistem penerimaan mahasiswa baru pada LTMPT Provinsi Banten, dan apa saja faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas media komunikasi penerimaan mahasiswa baru LTMPT Banten yang dilihat dari aspek kognitif, afektif dan konatif guru BK di Provinsi Banten. Penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas media komunikasi yang digunakan pada sosialisasi dan promosi penerimaan mahasiswa baru LTMPT Banten yang fokus kepada komunikan yaitu guru BK. Metode kuantitatif yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data primer.

Dari penelitian ini dihasilkan model diseminasi media komunikasi sistem penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri agar dapat berlangsung secara efektif dan efisien yaitu LTMPT Provinsi Banten melakukan diseminasi materi kepada guru BK (usia di atas 30 tahun, PNS dan Sekolah Negeri), melalui laman website/brosur/mulut ke mulut/instagram/youtube, kemudian diterima oleh calon pendaftar untuk melaksanakan pendaftaran dan LTMPT menyediakan helpdesk jika calon pendaftar mengalami kesulitan.

 


Keywords


diseminasi, media komunikasi, kuantitatif, LTMPT

Full Text:

PDF 11-23

References


Argenti, Paul A, Edisi Kelima Komunikasi Korporat. 2010.

Cangara, Hafied, Perencanaan & Strategi Komunikasi (Edisi Revisi). 2014.

Effendi, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Effendy, Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. 2007.

Rakhmat, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2007.

Ruslan, Rosadi. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003.

Ruslan Rosady, S.H., M.M, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. 2006.

Sitorus. M, Berkenalan dengan Sosiologi, Jakarta: Erlangga. 2003.

Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2008.

Tim Penyusun Kamus. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka. 2005.

Jurnal

Bambang A.S., Perbedaan Model dan Teori pada Ilmu Komunikasi. Journal Humaniora Binus. 2014.

Fitriawan Helmy, Irsyad Muhamad, Septama, Hery Dian, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : “Sosialisasi penerimaan Mahasiswa Baru Unila dalam Kondisi Pandemi Covid-19”. Sakai Sambaian Unila. 2021.

Hamka, Sofyan Bachmid, Jurnal Pola Sosialisasi Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru pada IAIN Palu. Jurnal Paedagogia IAIN Palu. 2019.

Trisnawati, Ari dan Syarah Maya May, Jurnal Strategi Humas Politeknik Negeri Jakarta dalam Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Komunikasi BSI. 2017.

Gill, Rob, Journal Corporate Storytelling as an Effective Internal Public Relations Strategy. Academic Journal Database. 2011.

Musyarrofah, Mifrohatul, Jurnal Peran Humas dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi. Idaarah Jurnal Manajeman Pendidikan. 2018.

Website

Youthmanual: Angka Siswa yang Salah Pilih Jurusan Masih Tinggi. http://www.skystarventures.com/youthmanual-angka-siswa-yang-salah-pilih-jurusan-masih-tinggi/ diakses 27 Februari 2019.

LTMPT. 2019. POB Penerimaan mahasiswa baru.tingkat nasional. http://ltpmpt.ac.id. Diakses 23 februari 2020.

LTMPT. Pola penerimaan SNMPTN. http://snmptn.ac.id. Diakses 3 Maret 2020.

LTMPT. Pola penerimaan SBMPTN. http://sbmptn.ac.id. Diakses 13 juli 2020.

BPPMB. Penerimaan mahasiswa Unila. htttp://simanila.unila.ac.id. diakses 10 maret 2020.

Peraturan Perundang-undangan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v4i1.14952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.