ANALISIS PERILAKU KOMUNIKASI PRIBADI ANAK SEKOLAH DASAR AKIBAT GAME ONLINE

arrafi ruhul, Nina Yuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena perilaku komunikasi antarpribadi player game online Mobile Legends Bang : Bang studi kasus anak-anak sekolah dasar di perumahan Grand Sutera Cilegon. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antarpribadi, perilaku komunikasi, teori kepribadian kelompok dan psikologi komunikasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku komunikasi yang berubah pada anak-anak sekolah dasar yang diakibatkan oleh game online Mobile Legends Bang Bang yang terjadi karena adanya faktor stimulus respons, faktor kebiasaan, dan faktor emosional. Hal tersebut mengacu pada perubahan sikap dan perilaku khususnya perubahan sikap produktifitas yang sebelumnya dilakukan dan mengakibatkan perubahan perilaku.


Full Text:

PDF 17-27

References


Cangara, Harfied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarata; PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto, Drs. 2014. Teori Komunikasi. Malang; Gunung Samudera.

Eliana Pratiwi. 2017. Perilaku Komunikasi Interpersonal Pecandu Game Online. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang.

Harsono M. 2014. Pengaruh Bermain Game Terhadap Perkembangan Remaja. Serpong: Surya University.

Surya Adhi Agoesta. 2016. Pola Komunikasi Pemain Game Online Lost Saga (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Gamer Remaja dalam Penggunaan Fasilitas Chatting Game Online Lost Saga di Kota Semarang). Universitas Sebelas Maret. Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v0i0.18375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.