Kesetaraan Gender dalam Iklan ABC “Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Kecap ABC”

Annisa Luthfiyyah, Rahardian Shandy Ekohandito

Abstract


Iklan merupakan kegiatan promosi yang menampilkan identitas suatu produk. Kehadiran iklan saat ini semakin terlihat kreatif dengan memperlihatkan realitas masyarakat. Salah satu produk yang menyuarakan pesan nilai kesetaraan gender dalam iklannya yaitu Kecap ABC “Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Kecap ABC”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kesetaraan gender antara suami dan istri yang terdapat dalam ranah domestik pada iklan tersebut.
Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Barthes dengan tahap pertama menjelaskan gambaran denotasi (denotation), kemudian tahap kedua adalah mengungkapkan makna konotasi (connotation) dan selanjutnya mengungkapkan myth (mitos) dari konotasi yang ditemukan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan Iklan ABC “Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Kecap ABC” yang ditayangkan menampilkan representasi kesetaraan gender dalam rumah tangga. Makna yang disampaikan yaitu bagaimana seorang laki-laki dan perempuan yang memiliki peran sebagai seorang ayah dan ibu memiliki kedudukan yang setara dalam rumah tangga. Sehingga tergambarlah situasi rumah tangga yang adil secara gender yang memiliki pemahaman bahwa perempuan dan laki-laki dapat memiliki kesempatan untuk bekerja diranah publik dan perempuan maupun laki-laki memiliki perannya dalam berkegiatan pada ranah domestik yaitu rumah tangga mereka. Hal ini memperlihatkan adanya bentuk dukungan Kecap ABC sebagai produk memberikan identitas secara persuasif menyampaikan nilai kesetaraan gender melalui iklannya. Iklan tersebut diharapkan menjadi suatu tayangan yang memiliki nilai terhadap kehidupan masyarakat. Memberikan gambaran bahwa keharmonisan dalam berumah tangga dapat terbangun dari adanya kesetaraan gender didalamnya.

Katakunci:  kesetaraan gender, iklan, produk, televisi.


Full Text:

PDF 95-111

References


Adib Sofia. (2009). Aplikasi Kritik Sastra Feminisme “Perempuan Dalam Karya-Karya Kuntowijoyo”. Yogyakarya: Citra Pustaka Yogyakarta.

Amir Piliang, Yasraf. (2003). Hipersemiotika: Tafsir Culture Studies atas Matinya Makna. Yogyakarta: JalaSutra.

Alex, Sobur. (2001). Analisis Teks: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alex, Sobur. (2006). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing Edisi Keempat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alex, Sobur. (2016). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

A.M, Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana.

Arbain J., Azizah N., & Sari, I. N. (2015). Pemikiran Gender Menurut Para Ahli: Telaah atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin, Asghar Ali Engineer, dan Mansour Fakih. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11 (1), 75. https://doi.org/10.21580/sa.v11i1.1447

Baran, Stanley J. (2012). Pengantar Komunikasi Massa Jilid 1 Edisi 5. Jakarta: Erlangga

Bungin, B. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darwin, M. (2005). Negara dan Perempuan: Reorientasi Kebijakan Publik. Grha Guru.

Fiske, John. (2007). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Fitriah, Maria. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.

Handoyo, Pambudi. (2013). Representasi Perempuan dalam Media. Madura: Seminar Nasional Gender & Budaya Madura III.

Huda, K. (2013), Pengaruh Tayangan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, II.

Iswah Adriana. (2009). Kurikulum Berbasis Gender. Tadris Volume 4. Nomor 1.

J. Squires. (2010). Gender in Political Theory. New Jersey: Wiley-Blackwell.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Kim, K., & Lowry, D. T. (2005). Television Commercials as a Lagging Social Indicator: Gender Role Stereotypes in Korean Television Advertising. Sex Roles, 53, 901-910. http://dx.doi.org/10.1007/s11199-005-8307-

Kurniawan. (2001). Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesia.

Mansour Fakih. (2001). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mufidah Ch. (2003). Paradigma Gender. Malang: BayumediaPublishing.

Mudjiyanto, Bambang, Nur, Emilsyah. (2013). Semiotika dalam Metode Penelitian Komunikasi. Makassar: Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika.

Mulyana, D. (2008). Komunikasi Massa: Kontroversi, Teori dan Aplikasi. Bandung: Widya Padjajaran.

Nicholas Abercrombie dkk. (2006). Kamus Sosiologi, terjemahan Desi Noviyani dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pinem, S. (2009). Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi. Jakarta: Trans Info Media, 221- 301

Prasanti, Ditha, Janitra, Preciosa Alnashava. (2016). “Representasi Perempuan dalam Iklan “Fair and Lovely” Versi Nikah atau S2”. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. 6(1): 47-66.

Ratna, Noviani. (2002). Jalan tengah Memahami Iklan, Antara Realitas, Representasi dan Simulasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, A. S., Tripambudi, S., & Lestari, P. (2010). Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta Vol. 8, No. 3.

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Semiotika Roland Barthes pada Film 3 Dara (Kajian. Semiotika). Deieksis, 212-223.

Strinati, Dominic. (2016). Popular Culture; Pengantar Menuju Teori Budaya Populer. Yogyakarta: Pustaka Promethea.

Sunarti, Yulianto, E., & Khusnaeni , N. L. (2017). Pengaruh Iklan Terhadap SikapKonsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47(2).

Sunarto, K. (2004). Pengantar Sosiologi Edisi Revisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Winarni, R. (2010). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan. Deiksis, 2(2), 134–152.

Wolin, L. D. (2003). Gender Issues in Advertising—An Oversight Synthesis of Research: 1970-2002. Journal of Advertising Research, 43(1), 111-129.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v5i2.20386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.