Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Kepala Daerah

Adventus Harun, Nia Karniawati

Abstract


Pemanfaatan media sosial sebagai Media komunikasi oleh kepala daerah memiliki nilai penting, mengingat media sosial memiliki cakupan yang meluas, dari tingkat lokal hingga global. Media sosial juga relatif mudah digunakan tanpa memerlukan keterampilan khusus atau pelatihan. Beberapa contoh kepala daerah yang aktif menggunakan media sosial Instagram adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, dan Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan instagram sebagai media komunikas kepala daerah pada  akun instagram masing-masing. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melaui studi literatur. observasi non partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pemanfaatan Instagram oleh Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming, Bima Arya, dan Hengky Kurniawan sebagai media komunikasi efektif. Dengan konten yang menarik dan inspiratif, mereka berhasil menyampaikan informasi, mendengarkan aspirasi masyarakat, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan warga. Respon positif dari pengikut membuktikan bahwa penggunaan Instagram oleh para pemimpin ini memberikan dampak positif dalam menciptakan transparansi, melibatkan masyarakat, dan memperkuat citra mereka sebagai tokoh kepala daerah yang relevan.

Katakunci:  Instagram, Kepala Daerah, Komunikasi, Media Sosial

 


Full Text:

PDF 112-121

References


Buku

Atmoko, D. B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Hardjan, A. (2016). Ilmu Komunikasi.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Maksum, Ali. (2012). Metodologi Penelitian: dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiarto, M. (2018). Instagrammarketing. Jakarta: PT. Pengembang Lintas Pengetahuan.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya

Jurnal

Sumarno. (2020). Analisis Isi dalam Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jurnal Elsa.

Sari. I & Wahyuni. D. V. (2019). Pemanfaatan media instagram @ridwankamil sebagai media komunikasi dengan warga net. in search. Prosiding, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.

Skripsi

Paramitha, C. R. P. (2011). “Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner”. Thesis. Ekonomi S-1, Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro.

Website

Instagram. @bimaaryasugiarto. https://www.instagram.com/bimaaryasugiarto/

Instagram. @ganjar_pranowo. https://www.instagram.com/ganjar_pranowo/

Instagram. @gibran_rakabuming. https://www.instagram.com/gibran_rakabuming/

Instagram. @hengkykurniawan. https://www.instagram.com/hengkykurniawan/

Instagram.@ridwankamil.https://www.instagram.com/ridwankamil/




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v5i2.20817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.