Pengaruh Konten Tiktok terhadap Perilaku Sopan Santun Generasi Z dalam Berteman

Laila Rizki Amalia, Najwa Meidyna Wulandari, Zhafran Ibrahimovic Mazada, Rahardian Shandy Ekohandito

Abstract


Perkembangan teknologi, terutama media sosial seperti TikTok, telah memengaruhi cara Generasi Z berkomunikasi dan bersosialisasi. TikTok tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga berperan dalam membentuk norma dan perilaku sosial. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh konten TikTok terhadap perilaku sopan santun Generasi Z dalam berteman, dengan menggunakan teori Kultivasi dan teori Belajar Sosial sebagai dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui survei, dengan 100 responden yang aktif menggunakan TikTok. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengeksplorasi hubungan antara penggunaan TikTok dan perubahan perilaku sosial, terutama dalam konteks pertemanan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara konten TikTok dan perilaku sopan santun dalam berteman. Konten positif dan edukatif di TikTok cenderung mendorong perilaku sopan di kalangan penggunanya. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana media sosial bisa dimanfaatkan untuk mendorong perilaku positif dan memberikan rekomendasi untuk penggunaan media sosial yang lebih bijak, agar dampaknya bermanfaat dalam kehidupan sosial.


Keywords


TikTok, Generasi Z, Media Sosial, Perilaku Sopan Santun, Kuantitatif.

Full Text:

84-98 PDF

References


Sitangan, R. & Saragi, D. (2022). Pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku santun siswa di Kabupaten Samosir Kecamatan Palipi SD Negeri 6 Sideak. Jurnal Pendidikan.

Julia, R. (2024). Pengaruh TikTok terhadap Perilaku Generasi Z di Desa Madani Kecamatan Rete Kabupaten Indragiri Hili. kertas UIN.

Sitangan, R. & Saragi, D. (2022). Pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku santun siswa SD Negeri 6 Sideak.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jsc.v6i1.30448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.