Model komunikasi virtual fandom K-pop yang terjadi di dalam Discord Server CoppaMagz

Yasfilhaz Yasfilhaz

Abstract


Komunikasi virtual merupakan perkumpulan sosial yang mengambil bentuk di dalam internet dimana semua orang membawa persoalan dikehidupan nyata untuk didiskusikan secara virtual dalam waktu yang lama dan melibatkan perasaan atau pemikiran penggunanya dengan relasi yang terbentuk di ruang siber (Dede, 2018). Dengan demikian, Discord Server CoppaMagz sudah menjadi komunitas virtual yang komunikasinya dijembatani oleh K-pop. Komunitas virtual adalah hasil dari Cyberspace yang dapat diasosiasikan dengan sekumpulan individu yang tidak terikat oleh waktu, tempat maupun keadaan fisik atau material (Nasrullah, 2015). Media sosial seperti Discord yang digunakan oleh fandom K-pop untuk mencari informasi melalui Discord Server CoppaMagz adalah sebuah produk dari perpaduan antara kultur atau budaya dengan teknologi yang sekaligus merepresentasi pola baru berbudaya dalam masyarakat modern dengan teknologi. Dalam hal ini, fenomena kultur yang dilakukan oleh fandom K-pop dalam Discord Server CoppaMagz menghadirkan kemudahan bagi fans K-pop yang mencari informasi seputar K-pop melalui teknologi internet di media sosial Discord. Fandom K-pop bergabung untuk mendapatkan informasi terkait idola favorit mereka dengan saling berinteraksi. Meskipun pada keyataannya antar fandom K-pop tidak saling mengenal di dunia nyata, namun Discord Server CoppaMagz telah menjadi medium para fandom K-pop untuk saling terhubung dengan teknologi. Dalam level dokumen media, Discord Server CoppaMagz memberikan informasi berupa tulisan, gambar, audio, ataupun video. Semua informasi tersebut telah menjadi sebuah arsip yang ada di dalam server. Arsip tersebut bisa dilihat dan dibuka kapan saja oleh para fandom K-pop yang tergabung di server, selagi admin dari server tidak menghapusnya.

Keywords


komunikasi virtual, fandom, medium, K pop

Full Text:

57-67 PDF

References


Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan - Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

CoppaMagz. (2020). Coppamagz. Retrieved from About Coppamagz: https://coppamagz.com/tim-redaksi/

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Jakarta: Pusataka Pelajar.

Dede. (2018). Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Beli Online Pada Grup Facebook Bubuhan Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi 6 (1), 143-157.

Discord. Inc. (2015, Mei 13). Retrieved from https://discord.com/company

Fauziah, R. (2015). Fandom K-Pop Idol dan Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Penggunaan Media Sosial Twitter pada Hottest Indonesia sebagai Followers Fanbase @taeckhunID, @2PMindohottest dan Idol Account @Khunnie0624). Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Gooch, B. (2001). The Communication of Fan Culture: The Impact of New Media on Science Fiction and Fantasy Fandom. Georgia Institute of Technology Thesis, 3.

Haidir, A. (2022, Februari 12). Celebrities.id. Retrieved from 5 Grup Kpop dengan Fans Terbanyak di Indonesia, Sering Bikin Trending Twitter!: https://www.celebrities.id/read/grup-kpop-dengan-fans-terbanyak-di-indonesia-0eM4O4?page=2

Hine, C. (2001). Virtual Etnography. London: Sage Publication Ltd.

Holmes, D. (2012). Teori Komunikasi: Media, Teknologi dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jenkins, H. (2001). The Adoring Audience: Fan Culture and Popular Media. USA: Routledge.

Jenkins, H. (2007). Gender and Fan Culture (Round Fifteen, Part Two: Bob Rehak and Suzanne Scott). USA: Routledge.

Junep, A. R. (2017). Analisis Komunikasi Virtual Pada Kelompok Gamers DOTA 2. Skripsi Universitas Garut.

Kuswarno, E. (2008). Etnografi Komunikasi Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2019). Teori Komunikasi (9 ed.). (M. Y. Hamdan, Trans.). Jakarta: Salemba Humanika.

Martha, E., & Kresno, S. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Mayfield, A., & Stelzner, M. A. (2012). What is Social Media Includes Annual Marketing Report. iCrossing.

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja ROsdakarya Offset.

Morissan. (2014). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa, Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Muhammad, R. (2017). Analisis Pemanfaatanirtual Community Sebagai Media Komunikasi Kelompok Melalui Sosial Media. Skripsi Universitas Diponegoro.

Mulyana, D. (2007). Metodologi Penulisan Kualitatif. Paradigma Baru Penulisan Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Yogyakarta Press.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. (2017). Enografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian . Surakarta: Cakra Books.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan melalui Sosial Media. Jakarta`: Elex Media Komputindo.

Rachmaniar, Prihandini, P., & Anisa, R. (2021). Studi Etnografi Virtual tentang Budaya Mahasiswa dalam Perkuliahan. Media Komunikasi FPIPS Volume 20, 81-92.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahir, M. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Triyantama, A. R. (2019). Model Komunikasi Virtual Pemain Game PUBG MOBILE menggunakan Studi Etnografi Virtual Pada Kelompok Game PUBG MOBILE RPX E-Sport. Skripsi Uniersitas Islam Riau.

Wibowo, C. A. (2021). Analisis Komunikasi Kelompok Dalam Komunitas Virtual di Sosial Media Discord (Studi Netnografi Pada Komunitas Virtual "FGO" Indonesia). Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Yulius, H. (2013). All About K-pop. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jsc.v7i1.34673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

 

Journal of Scientific Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Scientific Communication. All rights reserved.