Model komunikasi virtual fandom K-pop yang terjadi di dalam Discord Server CoppaMagz
Abstract
Keywords
Full Text:
57-67 PDFReferences
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan - Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
CoppaMagz. (2020). Coppamagz. Retrieved from About Coppamagz: https://coppamagz.com/tim-redaksi/
Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Jakarta: Pusataka Pelajar.
Dede. (2018). Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Beli Online Pada Grup Facebook Bubuhan Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi 6 (1), 143-157.
Discord. Inc. (2015, Mei 13). Retrieved from https://discord.com/company
Fauziah, R. (2015). Fandom K-Pop Idol dan Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Penggunaan Media Sosial Twitter pada Hottest Indonesia sebagai Followers Fanbase @taeckhunID, @2PMindohottest dan Idol Account @Khunnie0624). Skripsi Universitas Sebelas Maret.
Gooch, B. (2001). The Communication of Fan Culture: The Impact of New Media on Science Fiction and Fantasy Fandom. Georgia Institute of Technology Thesis, 3.
Haidir, A. (2022, Februari 12). Celebrities.id. Retrieved from 5 Grup Kpop dengan Fans Terbanyak di Indonesia, Sering Bikin Trending Twitter!: https://www.celebrities.id/read/grup-kpop-dengan-fans-terbanyak-di-indonesia-0eM4O4?page=2
Hine, C. (2001). Virtual Etnography. London: Sage Publication Ltd.
Holmes, D. (2012). Teori Komunikasi: Media, Teknologi dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jenkins, H. (2001). The Adoring Audience: Fan Culture and Popular Media. USA: Routledge.
Jenkins, H. (2007). Gender and Fan Culture (Round Fifteen, Part Two: Bob Rehak and Suzanne Scott). USA: Routledge.
Junep, A. R. (2017). Analisis Komunikasi Virtual Pada Kelompok Gamers DOTA 2. Skripsi Universitas Garut.
Kuswarno, E. (2008). Etnografi Komunikasi Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2019). Teori Komunikasi (9 ed.). (M. Y. Hamdan, Trans.). Jakarta: Salemba Humanika.
Martha, E., & Kresno, S. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Mayfield, A., & Stelzner, M. A. (2012). What is Social Media Includes Annual Marketing Report. iCrossing.
Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja ROsdakarya Offset.
Morissan. (2014). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa, Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Muhammad, R. (2017). Analisis Pemanfaatanirtual Community Sebagai Media Komunikasi Kelompok Melalui Sosial Media. Skripsi Universitas Diponegoro.
Mulyana, D. (2007). Metodologi Penulisan Kualitatif. Paradigma Baru Penulisan Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Yogyakarta Press.
Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, R. (2017). Enografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian . Surakarta: Cakra Books.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan melalui Sosial Media. Jakarta`: Elex Media Komputindo.
Rachmaniar, Prihandini, P., & Anisa, R. (2021). Studi Etnografi Virtual tentang Budaya Mahasiswa dalam Perkuliahan. Media Komunikasi FPIPS Volume 20, 81-92.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tahir, M. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Triyantama, A. R. (2019). Model Komunikasi Virtual Pemain Game PUBG MOBILE menggunakan Studi Etnografi Virtual Pada Kelompok Game PUBG MOBILE RPX E-Sport. Skripsi Uniersitas Islam Riau.
Wibowo, C. A. (2021). Analisis Komunikasi Kelompok Dalam Komunitas Virtual di Sosial Media Discord (Studi Netnografi Pada Komunitas Virtual "FGO" Indonesia). Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Yulius, H. (2013). All About K-pop. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jsc.v7i1.34673
Refbacks
- There are currently no refbacks.