Perancangan Perbaikan Proses Produksi Baja Dengan Pendekatan Lean Manufacturing

Afni Khadijah, Achmad Bahauddin, Putro Ferro Ferdinant

Abstract


Dewasa ini permintaan produk baja nasional terus meningkat tetapi tidak terpenuhi. PT.XYZ adalah yang memproduksi baja coil. Pada Divisi HSM terdapat kendala produksi contohnya pada bulan Agustus 2012 terdapat pemborosan (waste) berupa reject, stock down grade, dan repair sebesar 138.748,10 MT (Metric Ton). Untuk itu dilakukan penelitian bertujuan mengidentifikasi aktivitas yang merupakan aktivitas pemborosan (waste) pada proses produksi baja coil, mengidentifikasi penyebab terjadinya pemborosan (waste) dan merancang usulan perbaikan untuk mengurangi pemborosan (waste) pada proses produksi baja coil. Pada penelitian ini menggunakan metode value stream mapping. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data proses produksi, data waktu siklus, data jumlah operator, dan data identifikasi pemborosan. Dari hasil identifikasi waste (waste workshop) jenis pemborosan (waste) yaitu: transportation 22,14 %, defect 20,71 %, innapropiate process 19,29 %, unnecessary inventori 19,29 %, , dan terendah waiting18,57 %. Sehingga diketahui aktivitas pemborosan (waste) pada transportasi Penyebab terjadinya pemborosan (waste) pada proses produksi baja coil yaitu umur pakai mesin yang sudah tua, beban penggunaan mesin yang berlebih, operator yang kurang teliti pada saat pengecekan alat perusahaan produksi baja terbesar di Indonesia. Di PT. XYZ terdapat divisi HSM (Hot Strip Mill) transportasi, kurangnya pengecekan pada alat listrik, dan data transportasi tidak sesuai prosedur.

Keywords


Lean, Produksi, Manufacturing

Full Text:

PDF

References


Alaca, H., dan Ceylan, C. 2011. Value Chain Analysis Using Value Stream Mapping : White Good Industry Application.

Proceeding of the 2011 International Conference Industrial Engineering and Operation Management. Kuala Lumpur, Malaysia. Januari 22-24 2011.

Besterfield, H., Michna,B., dan Sacre, B. 1999. Total Quality management. United State of America : Prentice Hall International.

Fanani, Z., dan Singgih, L. 2011. Implementasi Lean Manufacturing Untuk Peningkatan Produktivitas. Tesis, Jurusan MMT, ITS, Surabaya.

Hutagalung, F. 2012. Perancangan Perbaikan Proses Produksi Dengan Lean Manufacturing Pada Produksi Baja Billet. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, FT. Untirta, Cilegon.

Gasperz, V., dan Fontana, A. 2007. Lean Six Sigma. Jakarta : Vinchristo Publication.

Sulastama,B. 2013. Usulan Perbaikan Proses Produksi Abu Fly Ash dan Abu Bottom Ash Dengan Pendekatan Lean Manufacturing diPT. XYZ. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, FT. Untirta, Cilegon.

Taqwanur, dan Suparno. 2011. Penerapan Lean Thingking Untuk Meningkatkan Kinerja Divisi Trucking PT. JPEK. Tesis, Jurusan MMT, ITS, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i3.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.