Usulan Tata Letak Gudang Untuk Meminimasi Jarak Material Handling Menggunakan Metode Dedicated Storage

Ayunda Prasetyaningtyas, Lely Herlina, Muhammad Adha Ilhami

Abstract


PT. Tira Austenite merupakan trading company yang memfokuskan bisnisnya sebagai distributor produk kebutuhan industri, welding electrode, berbagai macam baja, bronze, mesin las dan potong. Penelitian dilakukan di gudang produk plate steel, dimana permasalahannya adalah belum ada aturan baku mengenai tata letak produk plate steel di gudang. Sehingga berakibat terganggunya proses bongkar muat dan aktivitas material handling. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang ulang tata letak gudang, menentukan kebutuhan luas area gudang,  menghitung total jarak material handling beserta persentase penurunannya dengan penerapan metode dedicated storage. Metode dedicated storage merupakan metode tata letak penyimpanan produk berdasarkan banyaknya aktivitas keluar masuk (throughput) produk di gudang dengan jarak tempuh terpendek terhadap I/O point. Produk ditempatkan sesuai dengan kebutuhan slotnya masing-masing dan penyimpanan bersifat fix location, sehingga aliran keluar masuknya produk dari gudang terkoordinasi dengan baik dan area penyimpanan menjadi lebih optimal. Hasil perancangan dengan metode dedicated storage didapatkan jarak material handling sebesar 2030,462 m. Jarak ini mengalami penurunanan sebesar 1138,391 m atau sekitar 35,924 % dari jarak sebelumnya, yaitu 3168,853 m. Dengan adanya penelitian ini diharapkan gudang plate steel menjadi lebih rapih dan teratur sehingga memudahkan aktivitas material handling dalam penyimpanan dan pengambilan produk, serta memudahkan operator dalam proses pencarian produk.

 


Keywords


Material Handling, Dedicated Storage, Throughput, Fix Location

Full Text:

PDF

References


Apple, J. M. 1990. Tata Letak dan Pemindahan Bahan. Edisi Ketiga. Penerjemah : Nurhayati Mardiono. Bandung : ITB.

Hadiguna, R. A. dan Setiawan, H. 2008. Tata Letak Pabrik. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Hapsari, I., Arlianto, J. A., dan Sutanto, A. 2011. “Perbaikan Tata Letak Gudang Mesin Fotokopi Rekondisi di CV. NEC Surabaya.” Proceeding Seminar Nasional Industrial Services. Cilegon, 11-12 Mei 2011. Hal 23-28.

Hapsari, I., Prayogo, D. N., dan Tejasukmana, D. S. 2011. Perbaikan Tata Letak Gudang Peralatan Rumah Tangga di Surabaya. Proceeding Seminar Nasional Industrial Services. Cilegon, 11-12 Mei 2011. Hal 29-33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.