Usulan Perbaikan Pengecekan Status Order pada Proses Bisnis Produksi Coil di Divisi CRM

Ade Irman Saeful Mutaqin S, Bobby Kurniawan, Eka Dede Sutrisna

Abstract


Divisi Cold Rolling Mill (CRM) merupakan salah satu divisi di PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk yang memproduksi baja lembaran dingin dengan ketebalan 0.200 mm sampai dengan 3.000 mm. Salah satu proses bisnis di divisi CRM adalah controlling yang difokuskan pada pengecekan status order. Pengecekan status order di divisi CRM harus menggunakan dua sistem, yaitu PCS dan SAPsehingga memerlukan langkah kerja yang panjang serta waktu siklus yang relative lama. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan pada proses pengecekan status order di divisi CRM. Pengolahan data menggunakan software foxbase dengan mengambil data dari PCS dan SAP.Pada penelitian ini diketahui bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan waktu siklus menjadi lama, diantaranya penggunaan dua sistem serta beberapa update yang masih manual. Pengecekan status order usulan mengeliminasi beberapa langkah kerja dari pengecekan status order eksisteingserta mengganti beberapa langkah kerja dengan langkah kerja yang lebih efektif. Hasil penelitiandidapat bahwa terdapat penurunan jumlah langkah kerja, dari 12 langkah kerja pada proses pengecekan status order eksisting menjdi 9 langkah kerja pada pengecekan status order usulan, begitu juga dengan waktu siklus terdapat penurunan dari 54 menit pada pengecekan status ordereksisting menjadi 32 menit pada pengecekan status order usulan.   


Keywords


Perbaikan proses bisnis, usulan perbaikan, pengecekan status order, foxbase

Full Text:

PDF

References


Chandra, Ian. 1992. dBase IV versi 1.5. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Dewanto, W. Falahah. 2007. ERP (Enterprise Resource Planning) Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis. Informatika, Bandung.

Harrington, H. James. 1991. Business Process Improvement: The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness , Mc.Graw-Hill, New York.

Harrington, H. James, et al. 1997. Business Process Improvement Workbook: Documentation, Analysis, Design, and Management of Business Process Improvement, Mc.Graw-Hill, New York

O’Brien, James A. 2005. Introduction to Information System : Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Salemba Empat, Jakarta

Rahmataya, A dan Widaningrum, S. 2012. Usulan Perbaikan Proses Bisnis Advertising PT. XYZ Regional Jawa Barat menggunakan Business Process Improvement. Jurnal Fakultas Rekayasa Industri ITB. Bandung

Rahmawati, Lusi. 2010. Usulan Perbaikan Bisnis Proses dengan metode Business Process Improvement. Jurnal Jurusan Teknik Industri UII. Yogyakarta

Sudirman, 2011. Pengaruh Implementasi Sisitem ERP terhadap Kualitas Informasi. Jurnal Universitas Tadulako. Palu.

Wardhana, Pujotomo, Nugroho WP. 2013. Usulan Perbaikan Proses Bisnis dengan Konsep Business Process Reengineering (Studi Kasus : Permata Guest House). Jurnal Teknik Industri Universitas Diponegoro. Semarang

Whitten, Jeffery L. 2009. Metode Desain dan Analisis Sistem. Edisi 6. Penerbit Andi. Jakarta

Wijaya, Santo F., Darudiato. 2009. ERP (Enterprise Resurce Planning) & Solusi Bisnis. Graha Ilmu. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i1.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.