Pengembangan Model Penjadwalan Dinamis Mesin Paralel dengan Sistem Lelang untuk Meminimasi Weighted Tardiness (Studi Kasus di PT.XYX)

Dina Octanatry, Muhammad Adha Ilhami, Lely Herlina

Abstract


Penjadwalan produksi merupakan hal yang harus diperhatikan dalam perusahaan, karena dengan penjadwalan yang baik akan membuat sistem produksi berjalan dengan lancar sehingga pelayananan terhadap konsumen dapat dilakukan dengan baik. Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi pipa baja las spiral dan longitudinal. Pipa baja las spiral diproduksi oleh mesin SPM 1800, SPM 2000 dan SPM 1200. Dimana mesin tersebut disusun paralel, sehingga setiap job hanya akan diproses pada salah satu mesin saja. Adapun yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah permasalahan kedinamisan sistem yang masih menjadi permasalahan pada penelitian Julaeha (2011) dimana penjadwalan untuk pemesanan yang dilakukan oleh konsumen pada saat proses produksi telah berjalan tidak dapat dilakukan. Untuk itu penelitian ini bertujuan melakukan penjadwalan dinamis mesin paralel dengan sistem lelang (auction based) untuk meminimasi weighted tardiness  dan membandingkan jadwal produksi baru dengan jadwal existing perusahaan. Model penjadwalan sistem lelang yang digunakan adalah model penjadwalan hasil penelitian Ilhami (2010) dengan modifikasi pada list scheduling. Pada penelitian ini metode Earlies Due Date digunakan sebagai perbandingan dengan hasil penjadwalan sistem lelang. Dari hasil penelitian didapat nilai weighted tardiness penjadwalan dengan sistem lelang sebesar 259, dengan metode EDD didapat weighted tardiness sebesar 435 dan pada jadwal perusahaan didapat weighted tardiness sebesar 415. Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa penjadwalan sistem lelang adalah yang paling baik karena memberikan nilai weighted tardiness paling minimum diantara ketiga penjadwalan yang telah dilakukan.

Keywords


Penjadwalan Dinamis, Mesin Paralel, Sistem Lelang, Weighted Tardiness, Earliest Due Date (EDD)

Full Text:

PDF

References


Arifin, M., dan Rudyanto, A. 2010. Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Produksi Paving Block Pada CV.

Eko Joyo. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010). Yogyakarta, 19 Juni 2010.

Baker, K. R. 1974. Introduction to Sequencing dan Scheduling. John Wiley dan Sons Inc. New York.

Brucker, P. 2007. Scheduling Algoritms Fifth Edition. Springer-Verlag Berlin Heidelberg. Germany.

Conway, R. W., et. al., 1967. Theory of Scheduling. MA: Addison-Wesley.

Dewan, P., et. al. 2002. Auction-Based Distributed Scheduling in a Dynamic Job Shop Environment. International Journal of Production System. vol. 40. no.5.

Fisher, M.L. 1981. “Lagrangian Relaxation Method for Solving Integer Programming Problem”, Management Science, Vol. 27, 1 – 18

Gupta. 2012. Model Penjadwalan Batch Multi Item dengan Dependent Processing Time.

Jurnal Teknik Industri, Vol.12, No. 2, Desember 2012. http://puslit.petra.ac.id/journals/request.php?PublishedID=IND10120202. Diakses pada tanggal 9 Mei 2014.

Ilhami, M. A., 2010. Pengembangan Model Penjadwalan Job Shop Dinamis yang Mempertimbangkan Routing Alternatif dengan Menggunakan Sistem Lelang. Tesis. Teknik dan Manajemen Industri. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Julaeha, Eha. 2011. Penjadwalan Mesin Paralel dengan Sistem Lelang untuk Meminimasi Weighted Tardiness. Skripsi. Teknik Industri. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Cilegon. (Tidak Publikasi)

Kutanoglu, E., dan Wu, S.D. 1999. On Combinatorial Auction and Lagrangean Relaxation for Distributed Resource Scheduling. IEE Trans., Vol 31, No 9.

Lamabelawa, M. 2006. Implementasi Program Pascal Untuk Optimisasi Penjadwalan Pekerjaan Secara Kelompok Pada Mesin Tunggal Dengan Algoritma Lawler. Kupang.

Liu, N., et. al. 2007. A Complete Framework For Robust And Adaptable Dynamic Job Shop Scheduling. IEEE Transactions on Systems, Man, dan Cybernatics. vol. 37. No. 5. ISSN: 1094-697.

Morton., T.E., dan Pentico, David. 1993. Heuristic scheduling Systems. John Wiley & sons, Inc. New York.

Nasution, A., et. al. 2003. Perencanaan & Pengendalian Produksi. Guna Widya. Surabaya.

Nasution, Arman H. 2006. Manajemen Industri. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Palit, H.C., et. al., Penjadwalan Produksi Flexible Flow Shop Dengan Sequence-Dependent Setup Times Menggunakan Metode Relaksasi Lagrangian (Studi Kasus Pada PT. Cahaya Angkasa Abadi). http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ind/article/viewArticle/16027. Diakses pada tanggal 9 Mei 2014.

Uttari, Saria. 2008. Usulan Penjadwalan Produksi Produk Main Frame Pada Mesin Punch Exentrik di PT. Beton Perkasa Wijaksana. Skripsi. Jakarta : Universitas Pembangunan Nasional Veteran

Zarifoglu., E. 2005. Auction Based Scheduling for Distributed Systems. Tesis. Department Of Industrial Engineering. The Institute Of Engineering And Science Of Bilkent University.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v3i3.386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.