Pemilihan Supplier Material Berdasarkan Multi Attribute Decision Making (MADM) Menggunakan Metode SAW, WP dan TOPSIS

Arlius Hamberto, Putiri Bhuana Katili, Nurul Ummi

Abstract


PT XYZ merupakan perusahaan konstruksi harus memperhatikan manajemen setiap divisi untuk menjadi perusahaan yang unggul, dalam hal ini khsususnya divisi penangananan material, oleh karena itu perusahaan harus memiliki kemampuan bekerjasama dengan supplier, yang diharapkan dapat melakukan pengelolaan manajemen material secara efektif dan efisien, sehingga perusahaan konstruksi dapat memenuhi kualitas dan jangka waktu yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan konsumen tersebut. PT XYZ bekerjasama dengan supplier- supplier untuk peralatan dan material seperti kawat las, oksigen, cat, masker, thiner, selang, kaca, oli, material proyek dan sebagainya. Banyaknya supplier ini seharusnya menjadi pertimbangan khusus oleh tim pengadaan supplier untuk lebih selektif dan melakukan pemilihan berdasarkan kriteria yang sesuai dengan perusahaan, dengan memperhatikan aspek cost, quality, quantity dan time. Dari hasil pengamatan bahwa kurangnya evaluasi terhadap kinerja supplier membuat sulit dalam pengambilan keputusan yang bersifat objektif, sehingga hanya mengedapankan unsur subjektif dan sedikit kriteria seperti harga dan cara pembayaran, padahal menurut Dickson terdapat 22 kriteria untuk mengevaluasi atau memilih supplier.Oleh karena itu pemilihan supplier menjadi salah satu faktor penting untuk menjadikan perusahaan yang unggul.Multi Atribute Decision Making (MADM).Multi Atribute Decision Making (MADM) adalah suatu metode yang digunakan untuk mencari alternative optimal dari sejumlah alternatif dengan atribut atau kriteria tertentu, metode MADM yang digunakan dalam penelitian ini adalah SAW, WP dan TOPSIS.Untuk pemilihan supplier dengan metode SAW diperoleh skor tertinggi untuk material plate pl  adalah PT CJP sebesar 0.883, material chp skor tertinggi diperoleh PT CJP sebesar 0.894, material plate fb diperoleh PT SKM sebesar 0.864, material angle l diperoleh PT CJP sebesar 0.888, material H beam h diperoleh PT CJP sebesar 0.906, material pipe dia diperoleh PT CJP sebesar 0.906 dan material rb dia diperoleh PT CJP sebesar 0.906. Untuk metode WP dan TOPSIS untuk semua material skor tertinggi diperoleh PT CJP.

Keywords


Pemilihan supplier, MADM, SAW,WP, TOPSI

Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. 2006.Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu. Nyoman,P., Mahendrawathi. 2010. Supply Chain Management. Surabaya : Guna Widya

Anatan, L., dan Ellitan, L. 2008. Supply Chain Management. Bandung : Alfabeta Alit, Putri.2012. Sistem Pendukung Keputusan CerdasDalam Penentuan Penerima Beasiswa.

Jurnal Teknik Industri, Vol. 12, No. 2, hal.1 – 5. Kamaruzzaman1, Findy. 2012. Studi Keterlambatan Penyelesaian Proyek Konstruksi (Study Of Delay In The Completion Of Construction Projects).

Jurnal Teknik Sipil, Vol. 12, No. 2, hal.2 – 16. Imelda., Perdana, Rika dan Nengsih, W. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Teknik Industri.

Hasbullah, S. 2010. Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making (MADM) di PT XYZ. Skripsi Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Banten.

Hijriana, Y. 2010. Pemilihan supplier berdasarkan Metode Multi Atribute Decision Making dengan menggunakan AHP dan TOPSIS. Skripsi Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Banten.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i3.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.