Penentuan Biaya Overhead Produk Teh Hijau Menggunakan Metode Activity Based Costing

Masitoh Masitoh, Hadi Setiawan, Sirajuddin ST., MT.

Abstract


CV. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan teh hijau kemasan. Wilayah pemasarannya meliputi Provinsi Jawa Barat, Jakarta dan Banten. Peluang pemasaran yang cukup potensial dan menjanjikan karena sistem pemasaran CV. X yang SMART (sistem direct selling, yakni bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan), Namun dari segi manajemen keuangan perusahaan tersebut masih perlu adanya perbaikan, karena belum adanya pencatatan secara baik dengan menggunakan komputer (pencatatan masih secara manual dan masih jarang dilakukan). Selain itu persaingan harga antara perusahaan lain harus menjadi dasar perusahaan tersebut dalam melakukan persaingan bisnis sehingga diperlukan analisis perhitungan biaya yang telah diterapkan perusahaan dengan perhitungan biaya yang mampu meningkatkan akurasi biaya dan mengefisienkan biaya produksi (biaya overhead) agar mampu menghasilkan biaya produk yang minimal tanpa mengurangi kualitas produk, dan salah satu alternatifnya adalah melalui penerapan analisis sistem Activity Based Costing (ABC) dalam meningkatkan akurasi biaya. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan nilai hasil perhitungan menggunakan metode Activity Based Costing dan metode tradisional.  Activity Based Costing merupakan salah satu metode penentuan biaya produk terbaik yang membebankan keseluruhan biaya ke dalam aktivitas-aktivitas perusahaan dengan mengonsumsi sumber daya yang menjadi pemicu biaya (cost driver), dalam penentuan aktivitas-aktivitas biaya tersebut, dengan penerapan Activity Based Costing (abc) CV. X dapat mengelola aktivitas-aktivitas yang menimbulkan biaya perusahaan sehingga dapat diperoleh biaya overhead dan harga jual yang minimal dan akurat. Berdasarkan hasil pengolahan data, biaya overhead menggunakan metode abc memiliki selisih Rp 1.645.666,67 dari metode terapan perusahaan (metode Volume Based Costing/tradisional).

Keywords


Activity Based Costing, biaya overhead, pembebanan biaya aktivitas, cost driver

Full Text:

PDF

References


Ciptani, M.K. 2001. Peningkatan Produktivitas Dan Efisiensi Biaya Melalui Integrasi Time & Motion Study Dan Activity-Based Costing, Jurnal fakultas ekonomi universitas Kristen petra, Vol. 3, No. 1, Mei 2001: 30 – 50.

Cooper, R and Robert K.S. 1993. The design of Cost Manajement System : Text, Cases and Reading, Prentise-Hall.

Nurwijayanti, V.E. 2010. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Body And Soul Clothing Di Ambarukmo Plaza Yogyakarta, Naskah Publikasi, Jurusan Informasi Amikom, Yogyakarta.

Hansen, D.R and Mowen M.M. 2004. Akuntansi Manajemen, Edisi 7, Salemba Empat, Jakarta.

Haposan, E. 2006. Analisis Penetapan Harga Pokok Produksipepaya (Carica Papaya) Dengan Metode Activity Based Costing Pada Pt. Cipta Daya Agri Jaya Di Bogor Jawa Barat, Skripsi, Pogram Ekstensi Manajemen Agribisnis Pertanian, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Kotler, P. 1994. Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol Jilid II. PT Prehalindo. Jakarta.

Marismiati, 2011. Penerapan Metode Activity-Based Costing System Dalam Menentukan Harga. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius), Vol. 1 No. 1 Januari 2011, Hal. 25.

Masyhudi, Am. 2008. Analisis Biaya Dengan Metode Activity Based Costing Kepaniteraan Klinik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula Di Rumah Sakit Pendidikan, Tesis, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas kedokteran, Universitas Diponegoro.

Mulyadi. 1993. Akuntansi Manajemen, Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi 2, BP STIE YKPN, YK.

Polimeni, R dan Cashin J.A.. 1985. Akuntansi Biaya 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Saputri, D. 2012. Penerapan Metode Activity Based Costing Dalam Menentukan Besarnya Tarif Jasa Rawat Inap Pada Rs Hikmah, Skripsi, Jurusan Akuntasni, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin Makassar.

Satriansyah, M. 2011. Perbandingan Rasio Marjin Kontribusi Produk Teh Hijau Cv. Smk Dengan Produk Pesaing, Laporan Kerja Praktek, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Tunggal. A.W. 1995. Activity Based Costing untuk Manufakturing dan Pemasaran. Harvindo, Jakarta.

Wulandari, H. 2007. Analisis Penerapan Sistem Activity Based Costing (Abc) Dalam meningkatkan Akurasi Biaya Pada Pt.Martina Berto, Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Yulianti. 2006. Penerapan Activity Based Costing System Sebagai Dasar Penetapan Tarif Jasa Rawat Inap, Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.