Perancangan E-Commerce IKM Produk Industri Kreatif Kota Serang

Rizal Rizal, Achmad Bahauddin, Nurul Ummi

Abstract


IKM Banten Art adalah IKM yang bergerak dalam industri kreatif dalam bidang kerajinan di kota Serang. IKM ini memproduksi berbagai jenis kerajinan handycraft gypsum berupa miniatur bangunan, hewan atau ciri khas Kota Serang. Latar belakang penelitian ini yang juga menjadi hambatan bagi IKM Banten Art adalah kurangnya sarana promosi, sehingga mempersulit pengenalan produk kerajinan ke masyarakat. Sarana promosi yang dilakukan IKM “Banten Art”  saat ini hanya melalui media konvensional seperti brosur, pamflet dan lainnya. Salah satu sarana promosi yang efektif adalah melalui media internet. Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu perancangan sistem pemasaran e-commerce berbasis website agar IKM “Banten Art” dapat menata manajemen pemasaran secara efektif yang dapat mendukung pengenalan produk industri kreatif kota Serang kepada masyarakat di seluruh Nusantara maupun luar negeri. Dengan dibuatnya sistem pemasaran e-commerce berbasis website ini maka diharapkan omzet penjualan dapat meningkat sebesar 30%.  Website ini dibuat dengan menggunakan software joomla dengan component virtuemart. Metode penelitian yang dilakukan untuk merancang website ini adalah dengan membuat analisis kebutuhan sistem yang terdiri atas kebutuhan fungsional dan non fungsional, perancangan desain sistem yang terdiri dari Data flow diagram, entity relationsip diagram, dan kamus data, perancangan database dan terakhir adalah merancang aplikasi e-commerce. Hasil dari penelitian ini adalah berupa website e-commerce IKM Banten Ar. Menu yang terdapat pada website ini adalah menu home, company profile, product category, contact us, maps, how to order, dan FAQ.


Keywords


website, e-commerce, joomla, virtuemart, industri kreatif

Full Text:

PDF

References


AlFatta, H. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi Yogyakarta : Andi Offet.

Artati, R.R.S., Utomo, P.A., Susanti,S.S. 2011. Perancangan Pengaplikasian Sistem Penjualan Online pada Distro Smith Berbasis E-commerce. Jurnal Volume 16, No. 1.

Budiman, T. 2009. Pengenalan Konsep Open Source. Jakarta : Bumi Aksara.

Jogiyanto, H.M. 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Kadir, A. 2003. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Ladjamudin, B., dan AlBahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Maghfirah, A., Darwiyanto, E., dan Lalu, H. 2012 Website Penjualan Handphone Online. Jurnal Politeknik Telkom Bandung

Moelyono, M. 2010. Menggerakkan Ekonomi Kreatif Antara Tuntutan dan Kebutuhan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nugroho, E.P.D. 2009. Rekayasa Perangkat lunak. Bandung : Politeknik Telkom Bandung

Putra, H.A.D. 2009. Aplikasi E-Commerce. Bandung : Politeknik Telkom Bandung

Saputra, W. 2010. Industri Kreatif. Padang : Baduose Media.

Sunarto., dan Andi,S.E.I. 2009. Sluk Beluk E-Commerce. Yogjakarta: Garailmu.

Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan E-Commerce pada perusahaan Top Dunia. Yogjakarta : Penerbit Andi.

Wahyudi, dan Bambang, S. 2008. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i4.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.