Pemodelan Matematis dan Simulasi Perpindahan Panas pada Fin Heat Exchanger

Retno Sulistyo Dhamar Lestari, Denni Kartika Sari

Abstract


Fin pada alat penukar panas merupakan tambahan luasan yang dapat memperbesar laju perpindahan panas. Pemodelan perpindahan panas pada Fin dilakukan untuk memprediksi pengaruh dari panjang fin (L), lebar fin (w), sudut fin (θ) dan jenis logam terhadap suhu pada ujung fin T (x=0) dan panas yang hilang (Q loss). Pada penelitian ini akan disusun persamaan matematis yang diselesaikan dengan Persamaan Bessel untuk menghitung distribusi suhu di sepanjang Fin dan menghitung panas yang hilang ke lingkungan. hasil perhitungan temperatur kemudian akan diuji statistik ANOVA untuk mengetahui pengaruh dari  masing-masing parameter dan interaksi parameter terhadap suhu pada ujung fin dan panas hilang. Dari hasil perhitungan didapat panas yang hilang berbanding secara linier dengan lebar, panjang dan sudut fin, sementara konduktifitas panas logam memiliki efek yang kecil terhadap peningkatan panas yang hilang. Interaksi panjang dengan lebar fin serta interaksi panjang dengan sudut fin memberikan efek yang positif terhadap peningkatan panas yang hilang. Interaksi panjang dan sudut fin dengan konduktifitas panas logam berpengaruh positif terhadap peningkatan suhu pada ujung fin.


Keywords


fin; persamaan bessel; perpindahan panas; uji ANOVA;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ma’sum, Z., Arsana, M., Malik, F., Priyono, W., Altway, A., (2012), ANALISIS PERPINDAHAN PANAS DENGAN KONVEKSI BEBAS DAN RADIASI PADA PENUKAR PANAS JENIS PIPA DAN KAWAT, Jurnal Teknik Kimia, Vol. 7 No. 1

Mickley, H. S., Sherwood, T. K., and Reed, C. E., (1957), Applied Mathematics in Chemical Engineering, 2nd ed., Tata McGraw-Hill Publishing Company, Inc., New Delhi.

Murachman, Bardi, (2016), Aplikasi Matematika Analitis Untuk Bidang Teknik, Gadjah Mada University Press.

Sediawan, W. B., Prasetya, A., (1997), Pemodelan Matematis dan Penyelesaian Numeris dalam Teknik Kimia, Penerbit Andi Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v14i1.5857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.