Pemeliharaan Dan Pengujian Motor Induksi 3 Phasa Menggunakan Motor Circuit Analysis (MCA) Di PT.DIAN SWASTIKA SENTOSA

Muhammad Sadikin, Alief Maulana, M. Miftah Baihaqi

Abstract


Untuk meningkatkan performa pembangkit dalam PLTU, dan menjaga performa kerja dan pada sebuah motor perlu dilakukan maintenance secara rutin. Perawatan Motor listrik merupakan salah satu hal yang paling penting untuk meningkatkan realibility keandalan proses produksi dalam suatu industri. Dalam berbagai kegiatan industri yang tentunya penuh

dengan proses-proses yang ada, motor listrik merupakan salah satu equipment atau peralatan yang banyak digunakan untuk menunjang berbagai proses tersebut. Pada industri-industri besar, motor listrik motor induksi menjadi penggerak utama untuk menggerakkan peralatanperalatan lainnya. Motor Circuit Analysis (MCA) melibatkan pengumpulan dan analisis hambatan, impedansi, induktansi, sudut fasa, respons arus frekuensi dan isolasi terhadap kesalahan tanah. Tegangan keluaran alat uji kurang dari 9 Vac, keluaran sinusoidal. Medan medan bolak-balik rendah yang dihasilkan dielektrik dan baja magnetik sekitarnya, baik pada stator dan rotor. Cacat gulungan yang menyebabkan perubahan pada dielektrik dan putaran dipolarisasi yang dipolarisasi, yang mengubah kapasitansi rangkaian lilitan pada titik cacat. Efek perubahan yang dihasilkan pada sudut fasa dan respons arus frekuensi pada fase yang sesuai, menyebabkan perbedaan saat membandingkan fase, atau pengelompokan koil ke fase. Seiring perkembangan kerusakan, perubahan pada sistem isolasi terus berlanjut, sehingga memungkinkan cacat dari waktu ke waktu. Tujuan makalah ini adalah untuk meliput konsep dan prinsip dalam perubahan fisik pada belitan dalam kesalahan kontraksi gulungan.

Keywords


active carbon; coconut shell; chemical activation; adsorption;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Muhammad Robith. “Prinsip Kerja Motor Induksi 3 Phasa. (“http://www.insinyoer.com/prinsip-kerja-motor-induksi-3-fasa/”, Diakses pada 28 Februari 2018)

Prasetyoadhi Nugroho, Jenis Motor Listrik (“http://prasetyoadhinugroho30.blogspot.co.id/2013/05/jenis-dan macam-motor-listrik.html” , Diakses pada 03 maret 2018)

ATP MCA Analysis Manual 2008 Rev B. Manual book : ALL-TEST IV PRO™.

Motor Circuit Analysis: Theory, Application And Energy Analysis (“http://www.transcat.com/media/pdf/AllTestBook.pdf “ Diakses Pada 05 Maret 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v14i1.5859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.