ANALISIS EFISIENSI PENYALURAN PRODUK PERTAMAX KE TANGKI DAERAH KERTAPATI PALEMBANG SUMATERA SELATAN

Sri Meutia, Rivara Syara Nasution

Abstract


Efisiensi saluran distribusi dapat diartikan sebagai pemilihan saluran distribusi yang tepat dalam memasarkan produk dari produsen ke konsumen akhir sehingga menimbulkan penjualan yang banyak dan dapat mencapai tingkat efisiensi yang tinggi. Adapun menurut bentuknyas aluran distribusi terbagi dua diantaranya saluran distribusi langsung dan tidak langsung. Dalam penyaluran pertamax ke tangki daerah Kertapati PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju pernah menggunakan bentuk saluran distribusi tidak langsung melalui alat transportasi tongkang. Namun saat ini penyaluran produk pertamax ke tangki Kertapati dilakukan melalui bentuk saluran distribusi langsung yakni melalui pipa yang dibangun oleh pihak perusahaan sendiri. Dari kedua saluran ini diperlukan analisis efisiensi biaya dan efisiensi waktu pada masing – masing saluran untuk melihat saluran mana yang lebih efisien dan tepat yang digunakan perusahaan dalam penyaluran produk pertamax ke tangki daerah Kertapati. Untuk efisiensi biaya dapat dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode efisiensi saluran distribusi dimana diperoleh pipa sebagai saluran distribusi yang lebih efisien dari segi biaya dengan persentase yang dihasilkan 4%, dan untuk efisiensi waktu dapat dilakukan perhitungan total waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses penyaluran dimana pipa juga termasuk saluran distribusi yang efisien dalam segi waktu dengan total waktu yang dibutuhkan dalam penyaluran ke tangki Kertapati selama ± 18 jam 14 menit.

Keywords


saluran distribusi; efisiensi biaya; efisiensi waktu;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


asu Swastha Dh, 1991. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty

Basu, Swastha dan Irawan, 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Indarto,2016. Hidrologi.Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyadi,1993. Akuntansi Biaya Penentuan Harga Pokok dan Pengendalian Biaya Edisi Kelima.Yogyakarta: BPFE Universitas Gadjah Mada.

Mulyamah, 1987. Manejemen perubahan. Jakarta:Y udistira.

Yamit, Zulian, 2000. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonosia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v14i2.5872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.