Konseptual Desain dan Perancangan Turbin untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Curug Kebo di Desa Sumberwaras Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak

Imron Rosyadi, Haryadi Haryadi, Syarif Abdullah, Wildan Firdaus

Abstract


Elektrifitas di provinsi Banten saat ini sudah melebihi listrik 95%, namun begitu di beberapa daerah terutama di Banten bagian selatan, kebutuhan listrik belum merata di semua wilayah. Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) merupakan jenis pembangkit listrik bertenaga fluida air dengan skala dibawah 100 kW, yang memanfaatkan ketinggian air yang tidak terlalu besar. Salah satu lokasi yang dapat dikembangkan menjadi PLTMH yaitu pada Curug Kebo dengan memanfaatkan aliran Sungai Cibinuangeun. Hasil listrik ini sesuai hasil survey yang telah dilakukan dapat digunakan untuk penerangan jalan dan kebutuhan listrik yang berada di dekat lokasi PLTMH. Sungai Cibinuangeun yang mempunyai debit desain sebesar 0,205 m3/s dan Head efektif sebesar 5,469 m mampu membangkitkan energy listrik sebesar 4,56 kW. Dari studi potensi yang telah dilakukan, turbin yang sesuai dengan PLTMH Curug Kebo adalah turbin Crossflow dengan diameter runner 0,344 m, diameter dalam 0,229 m, sudut kelengkungan sudu 73,174o dengan jumlah sudu berjumlah 27 buah.


Keywords


Cross flow; elektrifitas; PLTMH; turbin;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


http://desdm.bantenprov.go.id/read/berita/201/Banten-Dalam-Mengembangkan-EBT.html

Rahadian, Faisal. Gunawan, Ifnu Setiadi. Yuswan, Meiwardi. Taufik, Akhmad. Abrachman, Ade. 2006. “Manual Pengelolaan Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) untuk Program Listrin Pedesaan”. Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

http://bmkg.go.id

Penche, C. 1998. Layman’s Guidebook, on how to develop a small hydro site. European small Hydropower Association.

Dasar Teori Pembangkit Listrik Tenaga Air Skala Piko. Universitas Sumatera Utara

Sunarto, M. Edi dkk. 1991. “Pedoman Rekayasa Tenaga Air”. Vol. 2. Swiss.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v15i1.6162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.