Ordinary kriging dalam penentuan lama penggalian tambang terbuka

Ahmad Fauzi Pohan, Refky Adi Nata

Abstract


Perkiraan sisa cadangan di PT. Allied Indo Coal Jaya belum dapat dipastikan, karena perhitungan cadangan mengacu pada hasil pemboran eksplorasi yang cukup lama yaitu pada tahun 2008, sehingga perlu adanya evaluasi perhitungan cadangan ulang yang tersedia. Penelitian ini melakukan perhitungan produktivitas penambangan dengan mengukur cycle time alat excavator dan dump truck serta metode yang digunakan adalah metode ordinary kriging dengan menggunakan koordinat isopac batubara. Dari hasil pengamatan dan pengolahan data di lapangan, di ketahui bahwasanya batubara seam B1 di PT. Allied Indo Coal Jaya cenderung mengelompok pada ketebalan yang relatif tebal (skewness negatif) dengan error variance sebesar 0,0278, dan jumlah cadangan batubara sebesar 1.121.250 ton dan lama penggaliannya berdasarkan produksi aktualnya selama 3,2 tahun.

Keywords


Ordinary Kriging, Jumlah Cadangan, Koordinat Isopac, Lama Penggalian.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asy’ari M. A., Rachmat H., dan Aflan Z., (2013). Geologi dan Estimasi Sumberdaya Nikel Laterit Menggunakan Metode Ordinary Kriging di PT. Aneka tambang Tbk, Jurnal INTEKNA, No. 1, Hal. 7-15.

Gusman M., (2009). Estimasi Cadangan Batugamping dengan Metode Kriging Blok 3 (Tiga) Dimensi, Tesis, Program Studi Rekayasa Pertambangan ITB.

Guskarnali, (2016). Metode Point Kriging untuk Estimasi Sumberdaya Bijih Besi (Fe) Menggunakan Data Assay (3D) pada Daerah Tanjung Buli Kabupaten Halmahera Timur, Promine Journal, No. 2, Vol. 4, Hal. 13-20.

Pratanto. (1996). Pemindahan Tanah Mekanis. Jurusan Teknik Pertambangan ITB. Bandung.

Pohan A. F., Refky A. N., dan Ronal F. (2017). Efisiensi Alat Muat dan Alat Angkut Untuk Pengupasan Overburden Pada Site A di PT. Samantaka Batubara Desa Pauh Ranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau, Jurnal Sains dan Teknologi Industri (STTIND) Padang, No. 1, Vol. 17, Hal.1-8.

Yulhendra D., dan Yoszi M. A. (2013). Estimasi Sumberdaya Batubara dengan Menggunakan Geostatistik Kriging), Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan,. No. 2, Vol. 6, Hal. 168-177.

Zhang M., Yizhoung Z., dan Gaoming Y. (2017). Applied Geostatistics Analysis for Reservoir Characterization Based on the SGeMS (Stanford Geostatistical Modeling Software), Open Journal of Yangtze Gas and Oil. No. 2, Hal. 45-66.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v15i2.6598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.