Shielded Metal Arc Welding Cladding pada Shaft Wringer Roll

Slamet Wiyono, Sunardi Sunardi, Widodo Widodo

Abstract


Cladding merupakan proses pelapisan logam dengan logam lainnya dengan cara pengerolan panas atau pengelasan. Tujuan dilakukan cladding adalah untuk memberikan tambahan lapisan luar pada permukaan material yang mengalami keausan untuk mendapatkan kembali dimensi awal. Pada prakteknya, proses cladding ini akan menyebabkan perubahan struktur pada material akibat proses pemanasan yang diberikan selama proses cladding berlangsung. Berdasarkan data histori perbaikan shaft wringer roll, perbaikan shaft wringer roll telah dilakukan dengan metode cladding menggunakan shielded metal arc welding [SMAW] namun belum diperoleh hasil yang optimal. Tutujuan penelitian ini adalah menentukan kombinasi dan level parameter yang sesuai untuk rekomendasi proses perbaikan selanjutnya. Shaft wringer roll yang digunakan sebagai sampel adalah milik salah satu perusahaan baja terbesar di Kota Cilegon. Material shaft tersebut adalah AFNOR 25CD4 [SAE 4130] dan elektorda Nikko Steel RD-18B yang memiliki karakteristik mirip dengan material shaft wringer roll. Proses cladding dilakukan menggunakan tiga parameter cladding yang dikelompokkan dalam dua level parameter, yaitu arus cladding (110 A dan 170 A), kecepatan cladding (3 mm/s dan 7 mm/s), dan perlakuan panas (tanpa preheating dan preheating pada 200 oC selama 1 jam). Melalui pendekatan full factorial design experiments didapatkan delapan kombinasi parameter proses cladding. Hasil penelitian diperoleh perubahan struktur mikro dan kekerasan material yang paling mendekati raw material adalah sampel dengan parameter cladding menggunakan arus las 110 A, kecepatan pengelasan 3 mm/s, dan diberikan pemanasan awal.


Keywords


parameter cladding; shielded metal arc welding; shaft wringer roll;r roll

Full Text:

PDF

References


Alan, Brookes J., 2002, “Cladding of Cladding 3rd Edition”, Blackweel, UK.

Hussein N.I.S, et. All. 2013. Preliminary study of on cladding process on gray cast Iron substrate. International Journal of Research in Engineering and Technology

J.S. Davis, Davis and Associates. 1994. Stainless steel clading and weld overlays. ASM International

Miller, 2015. Welding, cladding and heating solution. http://www.itw-welding.com.

Montgomey, D. 2013. Design and Analysis of Experiments.SAS Institute, Inc.

Putri, F., 2009, “Pengaruh besar arus listrik dan panjang busur api terhadap hasil pengelasan”,

Jurnal Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Welding Handbooks, 1985. “Weld Overlay Cladding”, AWS, New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v12i2.6601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.