DESAIN MATERIAL SELECTION UNTUK FRAME SEPEDA LISTRIK HYBRID

Dhimas Satria, Ipick Setiawan, Rina Lusiani, Yoga Pratama

Abstract


Pada umumnya, sepeda tersusun atas komponen-komponen seperti frame,roda, sistem transmisi, rem, sadel, dan stang. Frame merupakan bagian yang paling penting, karena semua komponen dipasang pada frame. Frame harus mampu menopang berat pengendara, mentranslasikan usaha pedal menjadi gerakan maju, mengarahkan roda sesuai arah yang dituju dan mengabsorbsi getaran jalan. Frame adalah “jiwa” dari sebuah sepeda dan haruslah menjadi fokus utama dalam pertimbangan untuk memilih sebuah sepeda.Dari sudut pandang keamanan, bahan yang digunakan untuk frame sepeda harus memiliki sifat mekanik yang sangat stabil dan dapat diandalkan,Pemilihan bahan yang tepat dan desain yang penting dapat mempengaruhi kualitas produk dalam pembuatan komponen.Oleh karena itu, pengakuan akan pentingnya pemilihan bahan dalam desain telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Penerapan metode concurrent engineering dalam desain dan manufaktur telah memperkuat fakta bahwa bahan dan manufaktur terkait erat dalam menentukan kinerja produk akhir. Semakin meningkatnya kemajuan teknologi modern ini mengakibatkan kebutuhan akan penelitian dan pengembangan dalam segala bidang semakin meningkat pesat, terutama dalam bidang material. Hal yang mendasarkan kemajuan teknologi ini adalah semakin dibutuhkannya material baru dan pemilihan material yang tepat guna menunjang bidang pembuatan frame sepeda. Pengembangan material terfokus untuk memilah material(material selection) untuk meningkatkan kualitas standar yang dibutuhkan untuk obyek yang kita rancang. Oleh sebab itu, penelitian ini lebih kearah pemilihan material yang tepat dengan material yang kuat menahan beban,ringan dan dengan harga yang relatif murah /terjangkau.


Keywords


active carbon; coconut shell; chemical activation; adsorption;

Full Text:

PDF

References


Ashby Michael. F. 2005. Materials Selection Materials Selection for Mechanical Design I Mechanical Design I A Brief Overview of a Systematic Methodology A Brief Overview of a Systematic Methodology Jeremy Gregory Jeremy Gregory Research Associate Research Associate Laboratory for Energy and Environment

Ashby Michael. F .2010. Adapted from the Solution Manual to Materials selection in mechanical design, 4th edition, Prof. Mike Ashby Engineering Department, University of Cambridge,

CB2 1PZ.

Ashby M. F. 1999, “Materials Selection in Mechanical Design” Butterworth Heinemann, Chapters 5 and 6.

Fraraq M. 1997. Material Eelction for engeneering desain.Prentice Hall.

Maleque M.A and Dyuti. S .2010.Material Selection Of A Bicycle Frame Using Cost Per Unit Property and Digital Logic. Journal department of manufacturing end material engeneering.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v12i2.6606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.